Tips Merawat Sliding Door Pada Mobil Honda Freed

sliding door honda freed

Di segmen menengah kendaraan serba guna, Honda mewakilkan mobil Honda Freed yang makin luas pangsa pasarnya. Freed dikenal sebagai sebuah mid-end MPV yang stylish dan banyak digemari oleh keluarga muda karena pertimbangan harga, serta spesifkasi mobil Freed itu sendiri yang ditawarkan oleh HPM selaku pihak distributor. Fitur-fitur canggih dengan sistem pengoperasian yang mudah dan sederhana jadi daya tarik tersendiri. Konsumen Indonesia rupanya sudah begitu akrab dengan mobil yang memiliki desain unik ini. Bentuk dan penampilan Freed justru membuat batasan baru mengenai sebuah MPV medium yang mengimbangi gaya hidup Anda.

HPM kembali meluncurkan versi baru Honda Freed untuk memenuhi permintaan calon konsumen tanah air. Bukan saja kebutuhan akan kendaraan serba guna yang tangguh dan berdaya muat besar, lebih dari itu, Freed menghadirkan sesuatu yang baru. Keluarga Indonesia saat ini, memerlukan kenyamanan berkendara yang diselingi sensasi kemewahan dan perasaan fun saat berada di dalam kabin mobil pribadinya. Perubahan signifikan dalam pola berpikir, sikap, dan keputusan memilih kendaraan untuk keperluan seluruh keluarga, tercermin pada tagline New Generation Family-nya.

New Freed dibekali fitur AC Double Blower, Dual SRS Airbags, dan bertransmisi otomatis. Selain kebutuhan konsumen yang terpenuhi, sosok Freed model baru juga memuaskan selera masyarakat tanah air. New Freed tersedia dalam 7 pilihan warna, yang terdiri dari Champagne Frost Pearl, White Orchid Pearl, Deep Sapphire Blue, Alabaster Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Brownish Sparkle Metallic, dan Polished Metal Metallic. Khusus untuk tipe teratasnya, tipe S, produsen menyematkan salah satu fitur favorit konsumen yaitu Power Sliding Door. Masuk dan keluar penumpang serta barang bawaan makin mudah dengan adanya fitur tersebut.

Kenali Cara Kerja Sliding Door

pintu sliding freed

Honda benar-benar total dalam mengembangkan produk Freed yang bisa dibilang baru dalam hal desain. Belum pernah ada desain seperti ini sebelumnya. Tak heran jika desain dan performa yang menawan membuat Freed telah mendapat beberapa penghargaan, diantaranya adalah Best Buy Awards 2013. Model minivan berpenumpang 7 orang besutan Honda ini, semakin populer karena pangsa pasarnya yang kian luas.

Seperti yang telah disinggung tadi, Freed memiliki fitur Power Sliding Door yang jadi favorit para konsumen setia. Mereka merasa sangat dipermudah dalam masuk – keluar, baik penumpang maupun barang bawaan dengan adanya fitur itu. Di lain pihak, konsumen pun harus memperhatikan penggunaannya. Minimal memahami bagaimana cara kerja sliding door pada sosok Honda Freed kesayangannya.

Untuk mengetahui cara kerjanya, kita perlu tahu beberapa bagian penting dari fitur Power Sliding Door yang terdapat pada Honda Freed, antara lain.

#1 Badan atau Daun Pintu Geser

Badan atau daun pintu pada sliding door merupakan bagian penting yang berfungsi menutup ruang pintu atau masuk – keluar penumpang di baris kedua dan atau barang bawaan untuk baris ketiga. Pada posisi membuka, badan pintu terhubung pada body mobil hanya dengan menumpu pada rail yang digunakan untuk sliding. Sementara untuk posisi tertutup, daun pintu terikat pada rail di sisi belakang dan sistem penguncian di bagian depannya. Oleh karenanya, badan pintu harus kuat namun ringan agar tidak memberikan banyak beban terhadap sistem railing.

#2 Railing

Rail menjadi tempat atau jalur geser daun pintu saat gerakan, baik membuka maupun menutup. Railing terbuat dari besi baja yang kuat untuk menahan beban daun pintu dan juga berdaya tanah tinggi terhadap gaya rentang dan gesekan.

#3 Sensor

Sensor Power Sliding Door terdapat pada mekanisme handle pintu tersebut. Dengan hanya menarik tuas handle saat pintu dalam keadaan tertutup, maka daun pintu akan secara otomatis bergeser untuk membuka. Sebaliknya jika ditarik tuas handle-nya saat pintu dalam keadaan membuka, maka secara otomatis pula bergerak menutup. Adanya fitur Anti Pinch Function, dapat mencegah pintu tertutup secara otomatis jika ada sesuatu yang menghalangi di jalur penutupan pintu tersebut.

#4 Motor

Motor untuk menggerakkan Sliding Door menjadi komponen penting yang segera bekerja sesaat setelah tuas handle pintu ditarik. Kekuatan motor sudah diatur sedemikian rupa sehingga dapat menggerakkan daun pintu untuk membuka dan menutup sesuai railing-nya.

Cara Merawat dan Mengoptimalkan Kinerja Sliding Door

Bukan saja para kawula muda dan profesional urban yang jadi pengguna setianya, Ibu-ibu rumah tangga pun tak ingin ketinggalan mengendarai Honda Freed. Mereka ingin mengimbangi mobilitas anak dan suaminya dalam hal berkendara. Salah satu faktor yang jadi alasannya adalah fitur Freed yang sangat mudah dioperasikan dan punya karakter yang sesuai dengan jalanan padat di area perkotaan.

Setelah Anda mengenal cara kerja Power Sliding Door, berikut ini kami sajikan #tips Honda untuk anda, dalam hal merawat dan mengoptimalkan kinerja pintu geser.

· Sediakan cairan pembersih yang bisa dibeli di swalayan atau bengkel tercekat. Biasanya dikenal dengan berbagai macam nama dalam beberapa merk yang sudah familiar di masyarakat, contohnya lubricate, protect, penetrate, atau displace moisturizer. Kita sebut saja cairan pembersih bermerk WD-40 yang telah terkenal itu.

· Semprotkan cairan itu pada railing dan roller plus bearing-nya. Dengan penyemprotan yang teratur pada komponen-komponen motoriknya, sliding door akan memberikan kinerja yang lebih baik karena terbebaskan dari kotoran atau debu yang menempel.

· Diamkan selama 10-15 menit. Kemudian bersihkan atau lap dengan kain kering yang bersih. Setelah itu, oleskan dengan gemuk atau grease. Saat mengoleskannya, gunakan lapisan gemuk yang sangat tipis.

· Agar debu dan kotoran tidak mudah masuk ke railing atau track-nya, jangan biarkan pintu mobil Anda terbuka jika memang tidak perlu.

· Usahakan untuk tidak memarkir Freed kesayangan Anda di bawah terik matahari langsung. Panas dan pemuaian dapat membuat karet atau seal menjadi mudah sobek dan getas.

· Roller sliding door menjadi salah satu bagian yang sering mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan benar. Getaran yang sering dialami mobil, terutama saat melewati jalan bebatuan dan berkontur tidak rata bisa mengakibatkan atau mengurangi kinerja sliding door.

· Direkomendasikan untuk selalu melakukan perawatan berkala pada bengkel resmi dan profesional yang dapat dipercaya. Penyetelan Power Sliding Door diperlukan supaya tetap berada di posisi seharusnya dengan komponen-komponen yang layak pakai.

Demikian tips yang dapat kami berikan. Rawatlah selalu pintu geser New Freed kesayangan Anda di bengkel resmi atau bengkel Honda terdekat.

Baca juga :
honda U finance