Tips Untuk Merawat Radiator Pada Mobil Yang Anda Miliki

Merawat radiator mobil sangat penting dilakukan oleh para pemiliknya. Radiator memiliki peran penting dalam menunjang ketahanan berkendara pada mobil Anda. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga suhu mesin, artinya mendinginkan mesin yang mengalami kenaikan suhu akibat kinerja tinggi. Agar performa dan kualitas kendaraan tetap optimal maka radiator harus dalam keadaan baik dan berfungsi sebagaimana mestinya. Tanpa komponen ini dijamin mesin akan sangat mudah overheat yang tentunya akan berujung pada mogoknya mobil akibat mati total.

services radiator mobil honda

Pasti akan sangat merepotkan jika kita belum tahu seluk beluk radiator mobil. Apalagi saat mengalami mogok saat di tengah-tengah perjalanan dan jaraknya jauh dari bengkel mobil. Oleh karenanya, pengendara harus mulai mengenal perawatan sederhana atas radiator mobil. Sebenarnya peralatan yang diperlukan hanya sebuah obeng plus (+) dan obeng minus (-). Lalu kita juga perlu kunci pas yang sesuai dengan ukuran baut pengunci radiator plus air, pembersih lantai, dan kain lap.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencopot radiator dari bracket-nya dengan peralatan yang telah disiapkan sebelumnya. Keringkan semua air yang ada dalam radiator. Tutup lagi atau sumpal corong tempat keluar dengan kain atau karet dan pastikan jangan ada bocor. Sesudah itu, masukan air yang sudah dicampur dengan pembersih lantai ke dalam radiator dan diamkan beberapa menit agar kotoran bisa luntur dan melunak.

Sesudah menunggu sekitar 10 menit dan kotoran sudah bisa dibersihkan, segera buang semua air tersebut sampai bersih melalui lubang tempat keluar air tadi. Bersihkan dan bilas sisa kotoran dengan menyiram dan menyemprotkan air bersih beberapa kali ke dalam radiator. Usahakan semua sisa-sisa kotoran sudah terangkat dan luruh dari bagian dalam radiator.

Mengenal Sistem Pendingin Mobil dan Radiator

Sebenarnya sistem pendingin mobil didukung oleh 3 hal, yaitu Cairan Pendingin, Udara dan Minyak Pelumas. Ketiga komponen tersebut erat berkait dan sangat menentukan efisiensi kinerja mobil Anda. Oleh karenanya perlu diperhatikan kiat-kiat merawatnya yang mencakup:

Radiator

Kondisi radiator harus selalu terjaga dengan baik. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan baik luar maupun dalam. Pada bagian luar terdapat kisi-kisi yang merupakan jalur mengalirnya angin. Jika kisi-kisi tersebut tersumbat kotoran, bisa dipastikan bahwa volume angin yang mengalir pun berkurang, sehingga proses pendinginan menjadi kurang efektif. Bersihkan dengan kuas halus atau semprotan air yang bertekanan rendah agar jangan sampai membengkokan kisi-kisi yang sangat tipis tersebut.

Ada hal yang umum terjadi pada bagian dalam radiator yang sudah berumur yaitu pengkaratan. Karat dapat menghambat sirkulasi sistem pendingin atau bahkan melumpuhkannya. Untuk itu lakukanlah pengurasan secara berkala, setidaknya setahun sekali. Proses ini dapat dilakukan sendiri, atau diserahkan pada bengkel khusus, terutama jika terjadi kebocoran.

Kalau radiator mobil sudah cukup lama tidak dikuras atau jika Anda harus membeli mobil bekas tanpa mengetahui riwayat perawatan radiatornya, sebaiknya menyerahkan proses pengurasan pada bengkel khusus radiator. Sebab jika kotoran yang terdapat didalam jalur sirkulasi pendingin mesin terlalu banyak, maka mengurasnya justru dapat menyumbat beberapa saluran yang sempit dan dapat mengakibatkan kegagalan pada sistem pendinginan.

Oleh karenanya, ada beberapa bagian sistem pendingin yang perlu diketahui oleh semua pengendara atau pemilik mobil.

Selang Radiator

Selang ini menjadi penghubung antara Radiator dan mesin, serta jalur mengalirnya cairan pendingin. Tekanan dan suhu air yang tinggi membuat selang radiator semakin lama semakin mengembang, dan daya tahannya semakin menurun. Oleh karena itu jika memang sudah saatnya diganti, lakukanlah segera.

Terlambat menggantinya dapat berakibat fatal seperti terhambatnya sirkulasi air atau bahkan sobeknya selang. Akibatnya seluruh cairan akan terkuras seketika dan temperatur mesin melonjak tinggi. Saat itu terjadi umumnya terjadi suara menggelitik dan mesin akan mati.

Tutup Radiator

Perhatikan apakah karet penyekat dan pegas masih berfungsi dengan baik. Jika tidak maka dapat menyebabkan meningkatnya temperatur mesin.

Klem / Pengikat Selang Radiator

Klem / pengikat yang biasanya terbiat dari besi atau baja, memastikan selang tersambung dengan baik pada radiator. Karena pengikat radiator sangat vital dalam menjaga agar jangan sampai lepas dan bocor, pastikanlah bahwa pengikat tersebut cukup kuat namun tidak terlalu kuat yang justru akan membuat selang radiator sobek.

Kipas Pendingin

Agar peranti ini tetap dapat bekerja dengan baik, periksalah kondisi cairan silikon dan tali kipas. Pastikan keduanya selalu dalam kondisi baik.

Pompa Oli

Yang terakhir dan tak kalah penting untuk diperhatikan pada sistem pendingin mesin adalah pompa oli. Selain memompa oli menuju bagian mesin yang membutuhkannya, melalui proses ini mesin turut didinginkan.

Sistem pendingin yang terawat dengan baik akan menambah rasa aman dan nyaman dalam mengendarai mobil anda kemanapun dan tips merawat radiator Mobil ini semoga bermanfaat bagi anda.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance