Honda Shuttle, All New Jazz Versi MPV

jazz versi mpv

jazz versi mpv

Honda Motor Co memang gemar bereksperimen dengan platform produknya untuk diaplikasikan pada produk lainnya, setelah mengadopsi basis dasar dari citycar Brio untuk model low MPV Mobilio, mereka juga menghadirkan line up crossover utility vehicle bernama HR-V atau Vezel dengan platform All New Jazz hatchback. Namun tahukah bila icon generasi muda tersebut juga memiliki saudara di segmen mobil keluarga yang diberi nama Jazz Shuttle? Seperti apa bentuknya, berikut liputannya khusus untuk anda.

Seperti dilansir oleh beberapa situs berita otomotif ternama, pabrikan berlambang H tersebut telah mendaftarkan hak paten untuk desain mobil Jazz terbaru dalam sosok Multi Purpose Vehicle alias MPV. Melihat jauh kebelakang, sebenarnya Shuttle bukan benar benar sebuah produk pendatang baru dalam jajaran keluarga Honda, kemunculannya pertama kali adalah pada tahun 2011 lalu.

Namun saat itu mobil ini hanya dipasarkan terbatas khusus untuk konsumen di negeri sakura itu saja atau Japan Domestic Market. Mobil ini merupakan bagian dari generasi kedua hatchback Jazz dan kala itu masih bernama Airwave, namun seiring dengan diluncurkannya generasi ketiga dari sang Jazzy, MPV ini berganti nama menjadi Shuttle.
Bukan hanya nama, perubahan pada mobil Honda Shuttle edisi 2015 juga terlihat jelas pada tampilannya, HMC nampaknya benar benar merombak secara menyeluruh Jazz versi MPV itu hingga sekilas nampak layaknya perpaduan antara Mobilio, sang LMPV fenomenal dengan New Freed meski dengan dimensi jauh lebih bongsor. Nah belakangan ini disebuah situs menampilkan foto digital yang diklaim merupakan desain paten dari sang wagon, benarkah itu? masih menjadi misteri karena sang produsen belum memberi konfirmasi resmi, namun tak ada salahnya bila kita ikuti reviewnya.

Spesifikasi Jazz Shuttle Terbaru

Secara garis besar, calon wagon Shuttle terbaru memang terlihat lebih besar dibanding versi sebelumnya bahkan sedikit lebih bongsor dibanding Predecessor, versi MPV dari Jazz atau Fit ini juga disebut akan memakai bahan berkualitas tinggi untuk material body, engine maupun part lainnya. Ukuran yang lebih besar itu tentu berkat dimensi platform kendaraan yang dipermak menjadi lebih panjang serta lebar termasuk jarak antar kedua as rodanya serta overhang belakang.

Big is comfort, mungkin itulah prinsip dari team desain HMC saat merancang The Next Shuttle ini, ukuran jumbo tersebut sudah pasti memberi ruang yang lebih lapang bagi para penumpang di dalam kabinnya, terlebih sang MPV Jazz tetap mempertahankan konsep 5 penumpang itu artinya jarak antar baris kursi pada interiornya menjadi lebih leluasa dan kapasitas muatan barang pada bagasi dibelakangnya pun bertambah besar.

Kenyamanan penumpang di dalam interior mobil Jazz Shuttle juga kian paripurna berkat beragam aplikasi teknologi canggih yang terpasang di dalamnya mulai dari fitur magic seat, cruise control serta advance infotainment system HVAC with 7 inch touch screen, sedangkan untuk menunjang keselamatan diberikan pula 6 buah airbags disekeliling kabin.

Jejak mobil Jazz masih tercetak jelas pada bentuk lampu utama di bagian facia Shuttle memanjang mengikuti alur bonnet depannya, terlihat sangat simetris sekaligus sporty. Sementara di sisi buritan justru sosok Mobilio lebih kental terutama melalui desain pilar C senada dengan warna kaca juga rear combination lamp yang merupakan duplikasi dari sang LMPV dalam bentuk lebih pipih dan terkesan begitu modern.

Untuk sumber tenaganya, pabrikan asal Jepang itu sepertinya akan mempertahankan spesifikasi dapur pacu layaknya terpasang pada semua tipe mobil Jazz yaitu mesin berkapasitas 1.5L i-VTEC dikombinasikan opsi transmisi manual 5 percepatan serta CVT. Di negeri asalnya, Shuttle juga dikabarkan akan tersedia dalam powertrain berteknologi hybrid yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga :
honda U finance