Sejarah dan Perjalanan Panjang Mobil Honda CR-V

sejarah mobil suv CR-V

Siapa yang tidak mengenal Honda CR-V? SUV legendaris milik brand berlambang H itu memang telah lama malang melintang dalam industri otomotif global dan menjadi produk terlaris dan paling diminati dikelasnya. namun berapa banyak dari anda mengetahui cikal bakal sejarah mobil tangguh namun stylish tersebut? tak ada salahnya bila kita melihat kembali perjalanan kakak HR-V itu hingga menjadi legenda seperti sekarang.

Honda Motor Corp pertama kali memproduksi compact SUV ini pada tahun 1995 silam dengan tiga basis produksinya yakni di Sayama, Jepang, Swindon, Inggris serta Ohio Amerika Serikat. Hingga saat ini masih banyak perdebatan mengenai asal mula nama CR-V, namun paling populer adalah Comfortable Runabout Vehicle serta Compact Recreational Vehicle dimana kedua nama tersebut mngacu pada kelebihan mobil CR-V sebagai kendaraan penjelajah tangguh dan handal namun tetap nyaman bagi penumpangnya.

Generasi Pertama CR-V (1995 – 2001)

honda cr-v 2000 dijual
CR-V adalah SUV pertama yang didesain di rumah produksi Honda oleh desainer andalan mereka Hiroyuki Kawase. SUV ini kemudian menginjakkan kakinya di tanah Amerika pada tahun 1996 melalui ajang Chicago Auto Show dan dipasarkan pada bulan Februari tahun berikutnya. Awalnya CRV dibekali mesin berkapasitas 2.0 dengan tenaga 126hp, namun akibat dirasa tenaganya kurang mumpuni maka HMC kemudian memperbaharuinya dengan jantung berkekuatan 146hp di tahun 1999.

CR-V generasi pertama ditawarkan dalam model berpenggerak dua roda atau real time all wheel drive, platformnya menggunakan rangka unibody yang dikombinasikan dengansuspensi double wishbone membuatnya sangat rigid serta tangguh untuk dibawa melintasi medan terjal semi offroad. Oh ya, SUV ini pertama kali diperkenalkan di tanah air pada tahun 2000 silam atas prakarsa Honda Prospect Motor.

Generasi Kedua (2002 – 2006)

dijual mobil cr-v 2004
SUV ini hadir dengan tampilan yang benar benar berbeda pada generasi keduanya, dari segi dimensi pun menjadi lebih bongsor. CR-V kini berbagi platform dengan Honda Civic generasi ketujuh yakni sasis dengan kode RD4 – RD7. HMC pun mengupdate kinerja dapur pacu K24A1 untuk menghasilkan performa lebih bertenaga dimana daya puncaknya mampu menyentuh angka 160hp serta torsi 220Nm.

Tahun 2005 HMC meluncurkan CR-V model facelift dari generasi keduanya, perubahannya meliputi penggunaan model kaki terbaru berukuran 16 inch. Double bulbs H1 headlights memberikan nuansa berbeda pada tampilan muka kendaraan, penyegaran juga dilakukan untuk bentuk radiator grill, tail light serta bumper depan berikut foglamp.

Generasi Ketiga of CR-V (2007 – 2011)

dijual mobil cr-v tahun 2010
HMC justru memangkas dimensi salah satu andalannya ini di generasi ketiganya untuk membuatnya lebih praktis. Ditawarkan dalam dua buah pilihan mesin yakni mesin berkapasitas 2.0L dan 2.4L. Di generasi ini pula sang SUV mulai memakai model kurva pada bagian buritannya, menjadikan tampilannya terlihat lebih stylish serta modern.

Generasi Keempat (2011 – Sekarang)

Generasi keempat ini pertama kali diluncurkan pada gelaran Los Angeles International Auto Show tahun 2011, sedangkan di Indonesia, HPM baru meluncurkannya setahun kemudian atau tepatnya melalui gelaran IIMS bulan September 2012 dalam 4 variant masing masing 2.0 M/T, 2.0 A/T, 2.4L A/T serta versi tertingginya New CR-V 2.4 Prestige.

Dan pada bulan Januari 2015 yang baru lalu, HPM kembali menghadirkan model facelift dari generasi ke 4 SUV ini. Perbedaan SUV versi facelift 2015 dibanding versi sebelumnya diantaranya penambahan beragam fitur terbarud engan teknologi paling canggih seperti Nanoe Technology yang mampu membuat kondisi kabin menjadi lebih bersih juga sehat.
harga mobil cr-v 2012 dijual
Sepak terjang CR-V selama 4 generasi memang sangat luar biasa, dunia otomotif mengenalnya sebagai pelopor urban SUV yakni kendaraan penjelajah yang juga sangat cocok untuk digunakan sebagai kendaraan penunjang aktifitas serta gaya hidup metropolitan. Beragam prestasi bertaraf internasional pun telah menghiasi lemari trophy urban cruiser ini untuk berbagai kategori terakhir adalan NPS Leader pada ajang Net Promotor Customer Loyalty Awards bulan Februari 2015 kemarin.

Baca juga :

1 Komentar

  1. soeparno says:

    Honda CR-V performance is the best

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance