Populasi Mobil HR-V Terus Bertambah Setiap Bulan

populasi mobil hrv

Kesuksesan PT Honda Prospect Motor untuk menjadikan Honda HR-V sebagai salah satu mobil jenis CUV yang harus dipasarkan di Indonesia ternyata menuai hasil yang sangat positif bahkan bagi para konsumen, hadirnya HR-V telah dinantikan cukup lama mengingat mobil ini sebenarnya sudah terlebih dahulu ada dan bahkan sudah dipasarkan diluar negeri dengan nama Honda Vezel. Sebagai sebuah produk Crossover Utility Vehicle milik Honda Motor Co Ltd yang dipasarkan ditanah air tentu saja HR-V mendapat perhatian khusus namun bukan hanya dari ATPM akan tetapi seluruh masyarakatpun terlihat sangat antusias untuk memilikinya yang bisa disimpulkan dari jumlah pemesanan yang terus meningkat bahkan kini jumlah telah menyentuh angka 11.000 unit.

Baca : Harga Honda HR-V di Indonesia

Berbeda dengan mobil Honda Mobilio yang memang dibuat berdasarkan kebutuhan semua segmen maka HR-V dibuat berdasarkan selera berkendara sehingga “cara menerima produk” dari konsumen bagi keduanya sangat berbeda. Berada diantara segmen Jazz dan CR-V tentu saja HR-V menyajikan sesuatu yang berbeda dimulai dari opsi mesin dimana konsumen dapat memilih mesin 1.500cc atau 1.800cc serta desainnya yang unik namun tidak meninggalkan karakteristik Honda yang dikenal memiliki desain yang stylish dan compact serta futursitik. Dari sejumlah kelebihannyapun telah menempatkannya pada urutan 3 besar CUV paling laris di Indonesia bahkan kini menjadi pesaing utama dari Nissan Juke, Mitsubishi Outlander Sport bahkan hingga Ford EcoSport. Meskipun dari dimensi panjang dan lebar HR-V lebih kecil namun konsumen disaat mereka sedang mencari referensi juka akan membandingkannya dengan All New Nissan X-trail 2015.

Menjadi pusat perhatian konsumen sebenarnya sudah terlihat manakala pada IIMS 2014 yang lalu, para pengunjung berusaha untuk mengabadikan gambar dari mobil crossover ini yang kala itu terpampang pada stage milik HPM walaupun produk lainnya yang hadir dengan tajuk facelift juga ikut dipamerkan pada ajang pameran otomotif tahunan tersebut. HPM bukan saja sukses didalam memasarkan produk namun mereka juga dikenal sangat jeli didalam mendatangkan produk unggulan di Indonesia meskipun hingga kini salah satu mobil yang berada pada deretan mobil Honda dirasa kurang sukses yaitu CR-Z karena menggunakan mesin hybrid yang memang implementasinya masih membutuhkan biaya yang cukup banyak dan konsumen memang masih belum memutuskan untuk menggunakan mobil hybrid karena selain stasiun pengisiannya yang masih jarang juga teknologi hybrid ini dikenal cukup mahal baik untuk urusan harga mobil itu sendiri maupun biaya servis setiap kilometer seperti yang tertera pada “Manual Book” yang memang sesuai dengan anjuran dari pabrikan.

Gegap gempita bursa otomotif nasional memang membawa pabrikan untuk lebih meningkatkan kualitas produknya. Indonesia yang dikenal memiliki wilayah yang cukup luas dengan populasi penduduk yang lebih banyak menempati kota-kota besar dipulau Jawa memang telah memberikan warna tersendiri bagi perkembangan otomotif ditanah air. Namun agar dapat menjangkau semua wilayah maka hingga kini pihak ATPM telah berusaha untuk bekerjasama dengan beberapa perusahaan untuk membangun authorized dealer diberbagai wilayah sehingga jaringan pemasaran Honda kedepannya akan mampu berhadapan dengan Toyota yang memang dikenal luas tak hanya di Indonesia saja namun juga secara global brand ini mampu mendominasi untuk urusan kendaraan roda empat. Jika ingin bersaing tentu saja Honda perlu secara massive membangun Layanan 3S (Sales, Services & Spare part) disetiap wilayah di Indonesia dari Sabang hingga Merauke namun HPM butuh waktu karena mereka juga akan mempertimbangkan daya beli maupun biaya lainnya karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa semakin jauh jarak dari kota Jakarta maka harga mobil HR-V juga akan semakin tinggi tentunya.

Penjualan Mobil Honda Meningkat

Indonesia sudah menjadi salah satu negara yang dijadikan tujuan pemasaran dari produk otomotif tak ketinggalan HMC yang memang dikenal memiliki produk yang memiliki karakteristik berbeda dengan para pesaingnya. Sebagaimana pernah dikatakan oleh para pemerhati otomotif bahwa jika Honda bergabung didalam “Over Crowded” mobil-mobil murah dan ramah lingkungan yang kini didengungkan bersama oleh berbagai brand maka salah satu produsen mobil asal Jepang ini akan menuai suksesnya di Indonesia dimana berdasarkan data kenaikkan penjualan hingga mencapai 80 persen selama tahun 2014 dengan demikian hadirnya Brio, Mobilio dan perubahan yang dilakukan pada beberapa produknya telah mendapatkan hasil yang memuaskan tinggal mempertahankan apa yang sudah didapat ditengah persaingan yang semakin ketat belakangan ini. Bukan tidak mungkin jika Honda akan menempati penjualan kedua nasional mengingat kini ada HR-V yang mampu menarik minta para konsumen untuk segera mendatangkannya kegarasi mereka masing-masing.

Jika diperhatikan dengan seksama memang untuk deretan produk tentu saja lebih banyak Toyota maka untuk mengalahkannya rasanya cukup sulit apalagi kekuatan brand itu sendiri yang sudah sangat melekat dibenak konsumen Indonesia. Kini Honda secara perlahan mengikuti strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toyota dan pihak distributor juga terus berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi atau dengan kata lain memangkas waktu pemesanan sehingga mereka yang sudah melakukan indent akan sesegera mungkin mendapatkan unit yang nantinya akan digunakan didalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Membangun instruktur guna menunjang penjualan sudah dilakukan oleh Honda diantaranya adalah memperluas tempat produksi dan assembly yang diwilayah Kerawangan sekaligus menambah tenaga kerja guna merampung segala jenis kendaraan yang akan dipasarkan melalui authorized dealer atau showroom mobil Honda diseluruh Indonesia.

Meskipun dikejar oleh jumlah pemesanan yang tinggi namun pabrikan menjamin kualitas dan hasil produk yang “Well Build” mengingat imej brand yang memang dikenal berbeda daripada kebanyakan produk Jepang lainnya untuk urusan keindahan eksterior maupun interior, material maupun performa mesin bahkan di Indonesia harga jual juga cukup tinggi dibandingkan dengan brand lainnya. Sebagai “New Comer” tentu saja kehadiran HR-V memberikan warna tersendiri dikancah otomotif nasional apalagi jika dilihat bahwa CUV lainnya yang kini dipasarkan di Indonesia belum banyak yang melakukan perubahan yang signifikan (Major Change) dan ini menjadi salah satu alasan mengapa HR-V begitu banyak diminati oleh konsumen khususnya mereka yang menginginkan sebuah mobil yang lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar karena pada mesinnya sudah terintegrasi berbagai teknologi terbaru dalam industry otomotif.

Artikel pilihan : HRV Dan Brio Jadi Jawara Di Kategori Masing – Masing

Jika dihadapkan pada pilihan memang hal tersebut akan sangat bergantung pada selera berkendara karena setiap pengendara pasti memilih mobil yang hemat bahan bakar namun mesin responsif dan itu yang dilakukan oleh HMC pada mobil HR-V. Berada pada segmen antara Jazz dan CR-V tentu saja konsumen ingin agar Honda benar-benar menawarkan sesuatu yang berbeda dan itu yang kini ditanggapi oleh pabrikan dengan menghadirkan produk berkualitas dengan tag-line yang kaya akan fitur dan dipersembahkan bagi para penggemar kendaraan jenis Crossover di Indonesia.

Baca juga :
honda U finance