Ini dia Beberapa Perilaku Salah Dalam Mengemudi

perilaku mengemudi salah images

Memiliki ketrampilan mengemudi saat ini merupakan sebuah kebutuhan dan juga memberikan nilai plus bagi seseorang dalam pergaulannya sehari-hari. Seiring dengan kebutuhan akan alat transportasi pribadi yang terus meningkat, maka mengemudi bukan lagi ketrampilan yang hanya dimiliki oleh kaum adam saja, namun juga kaum hawa yang memiliki aktivitas diluar rumah yang tinggi.

Sudah menjadi aturan baku bahwa untuk mengemudi dijalan raya tentu saja anda harus memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi) yang dikeluarkan oleh DIRLANTAS Kepolisian Republik Indonesia. Untuk memilikinya tentu saja anda perlu mengikuti test, baik secara tertulis dan praktek yang diadakan oleh pihak terkait. Setelah anda dinyatakan lulus maka anda akan memiliki SIM yang berukuran seperti sebuah e-KTP.

Sebagai seorang pengemudi, baik atau buruk mood yang sedang dialami akan sangat berpengaruh terhadap cara mengemudi. Berperilaku baik saat berkendara tentu saja perlu dijaga mengingat anda berada dijalanan umum dan kebanyakan para pengendara memiliki level emosional yang bervariasi apalagi saat menghadapi kemacetan seperti dikota Jakarta. Hindari hal-hal yang akan menganggu para pengemudi lainnya.

Berikut ini beberapa perilaku salah saat mengemudi :

#1 Kecepatan melebihi ketentuan yang ditetapkan

Terkadang ada beberapa pengemudi yang dengan alasan terburu-buru memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan yang ditentukan yang dapat mengakibatkan mobil susah dikendalikan sehingga dapat membahayakan pengendara lain.

#2 Berkendara secara Agresif

Perilaku agresif saat berkendara bukan hanya akan membahayakan pengendara lain namun juga membahayakan keselamatan anda. Kebanyakan para pengemudi tak mau menunggu lama saat mereka akan melewati sebuah persimpangan.

#3 Menerima panggilan Telepon, BBM, atau SMS saat menyetir

Menggunakan telepon genggam saat mengemudi tentu saja akan menyebabkan konsentrasi mengemudi beralih ke ponsel bukan ke jalanan yang sedang dilewati. Tak sedikit kecelakaan yang diakibatkan oleh perilaku seperti ini yang menyebabkan banyak korban jiwa.

#4 Merokok

Selain merusak kesehatan, merokok saat mengemudi juga sangat berbahaya yang diakibatkan oleh terbaginya konsentrasi karena adanya percikan api kecil dari abu rokok karena terkena hembusan angin dari jendela.

#5 Posisi duduk terlalu dekat dengan setir

Posisi seperti ini tentu akan menyulitkan karena pergerakkan yang terbatas saat menghadapi situasi darurat.

#6 Menggunakan sepatu bertumit tinggi saat menyetir

Permukaan sepatu yang kurang lebar membuat sepatu terkadang tersangkut pada pedal sehingga tak bisa menginjak rem secara efektif

#7 Melambat

Melambat disini maksudnya berkendara melambat atau bergerombol melihat insiden kecelakaan di jalan raya atau karena keasikan mengobrol dengan penumpang yang ada didalamnya.

#8 Membunyikan klakson secara berlebihan

Pada dasarnya klakson berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pemakaian jalan di depan anda, agar memberikan jalan atau berhati-hati. Namun jika anda membunyikannya secara berlebihan ditengah kemacetan tentu saja sangat mengganggu pengendara lain dan terkadang dapat memicu masalah lain dijalanan seperti adu mulit hingga terjadinya perkelahian.

#9 Membelokkan kendaraannya ke kiri atau ke kanan tanpa menoleh terlebih dahulu dan menyalakan lampu sign

Meski terburu-buru pastikan keadaan disekitar anda terlebih dahulu sebelum berbelok. Nyalakan lampu sign untuk memberikan tanda kepada pengendara lain yang berada dibelakang anda. Makin banyaknya jumlah kendaraan roda dua dijalanan tentu sebagai pengemudi anda harus lebih waspada karena telah banyak kejadian beberapa pengendara motor terserempet mobil karena tidak melihat tanda bahwa mobil tersebut akan berbelok arah.

Jadilah seorang pengemudi taat dan sadar hukum karena jalanan yang kita lewati adalah milik semua orang. Dengan menghindari perilaku buruk saat mengemudi tentu saja akan sangat membantu kerja aparat kepolisian serta mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Baca juga :
honda U finance