Penjualan Honda Mobilio Melebihi BR-V

Setelah berjaya selama hampir satu tahun penuh akhirnya penjualan mobil BR-V mengalami masa surutnya di bulan September 2016. Crossover murah Honda Proscpet Motor itu bahkan tidak masuk dalam daftar 20 besar mobil terlaris di Indonesia pada bulan tersebut, dilain pihak, flagship lama HPM yaitu Mobilio justru kembali menemukan formula terbaiknya menjelang penutupan tahun ini.

Fakta tersebut sangat ironis mengingat semenjak awal kehadiranya, BR-V yang diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show bulan Agustus 2015 lalu langsung mencuri perhatian khalayak tanah air. Bagaimana tidak, CUV ini mampu mencatatkan angka penjualan bulanan yang sangat tinggi bahkan selama hampir satu tahun penuh, product nubie HPM ini mampu mengungguli ‘senior – seniornya’ dalam hal penjualan unit.

Baca juga : HPM Pastikan Stock Honda BR-V Tersedia Hingga Akhir Tahun

Namun tanpa sebab yang jelas euforia tersebut mendadak saja terhenti di bulan Agustus lalu, sangat mengejutkan di saat hampir seluruh produk mobil Honda mengalami lonjakan penjualan yang cukup signifikan karena ditunjang oleh pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara yakni GIIAS, BR-V justru menderita degradasi yang sangat menyedihkan dan membuat bulan tersebut menjadi periode tersuram sepanjang kiprah CUV ini di bumi pertiwi.

Berapakah penjualan BR-V pada bulan Agustus lalu? Jangan kaget, hanya 624 buah saja. Hal ini cukup mengherankan karena sebelumnya saat HPM mengumumkan data pencapaian mereka pada GIIAS yang juga berlangsung di bulan yang sama, BR-V disebut masih menjadi kontributor terbesar dengan raihan 1,351 SPK atau surat pemesanan kendaraan, namun entah mengapa kemudian pada siaran pers resminya yang dirilis awal September Honda menyebut kontribusi BRV sepanjang Agustus hanya 624 unit saja, paling rendah diantara seluruh line up urban cruiser mereka lainnya.

Apapun itu BR-V harus pasrah menyerahkan posisi sebagai backbone utama HPM yang disandangnya sejak pertama kali meluncur pada kompatriotnya. Akan tetapi bukan Mobilio yang menggeser posisi BRV melainkan produk dari segmen mobil kompak urban atau lebih tepatnya citycar LCGC bernama Brio Satya. Si kecil mungil hemat energi ini menjadi mobil terlaris Honda pada bulan Agustus dengan sumbangsih sebesar 5.812 unit.

Jumlah tersebut cukup untuk menempatkan satu – satunya produk LCGC Honda di Indonesia itu pada posisi ketiga dalam top 20 mobil terlaku di tanah air pada bulan Agustus. Dan meskipun tidak sebesar penjualan pada bulan sebelumnya, Brio Satya mempertahankan statusnya sebagai penyumbang terbesar bagi HPM melalui kontribusi 4.329 unit dan menempati peringkat 5 besar mobil terlaris di bulan tersebut.

Lalu dimanakah posisi Mobilio? mobil terpopuler di dunia maya tahun 204 versi Google Trend ini mungkin tidak sefenomenal ketika masa awal kehadirannya yakni di tahun 2013 hingga pertengahan 2015 kemarin, namun MPV murah Honda terbilang relatif cukup stabil dari segi penjualan, paling tidak Mobilio belum pernah mengalami tingkat penurunan penjualan setajam yang dialami oleh BR-V saat ini.

Setelah menempati uruitan ke 13 dalam list mobil paling laku se nusantara pada bulan Agustus, Mobilio kembali ke daftar top 10 alias 10 besar dalam list tersebut pada bulan berikutnya dan bercokol di posisi ke 8 setelah berhasil menjual sebanyak 3.033 unitnya sepanjang September 2016 naik 33 persen dari bulan sebelumnya yang berjumlah 2.280 unit.

Artikel lain : Kelebihan Honda Mobilio Dibandingkan Para Pesaingnya

BR-V sendiri walaupun mencatatkan progress yang cukup positif dengan menembus angka 1.049 buah atau naik 68 persen namun jumlah tersebut belum cukup untuk membuatnya masuk dalam jajaran top 20. Meski demikian secara keseluruhan, penjualan CUV ini masih yang tertinggi diantara seluruh model kendaraan keluaran Honda lainnya sepanjang Januari hingga September dengan total sales sebanyak 31.269 buah.

Di peringkat kedua atau runner up, Mobilio masih mengintai untuk merebut kembali posisi terhormat tersebut dari genggaman saudara mudanya itu, catatan penjualan MPV Mobilio pada 9 bulan pertama di tahun 2016 ini sendiri telah terjual sebanyak 30.131 unit.

Persaingan sehat yang terjadi diantara produk – produk unggulannya itu dinilai merupakan hal yang wajar oleh HPM, bahkan dengan demikian Honda berhasil membukukan performa yang cukup menjanjikan sepanjang tahun ini dimana volume sales mereka sampai dengan bulan September kemarin berhasil menembus 151.848 tumbuh 28 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya yang berjumlah 117.720 buah kendaraan.

Baca juga :
honda U finance