Wah, Di China Penjualan Honda Ungguli Toyota

honda vs toyota di china

Toyota seperti yang kita ketahui bersama bahwa produsen otomotif yang satu ini memang selalu saja menempati posisi teratas penjualan yang bukan hanya terjadi di Indonesia namun juga secara global. Namun siapa sangka yang terjadi dinegeri tirai bambu dimana pada bulan Agustus 2017, Honda berhasil menggeser posisi Toyota dan kini menempati posisi teratas dalam pencapaian angka penjualan.

China yang memiliki jumlah penduduk yang banyak tentu saja memberikan kontribusi yang sangat besar khususnya bagi para produsen otomotif sehingga tak mengherankan jika produsen otomotif asal negeri sakura juga berlomba-lomba untuk merebut pangsa pasar kendaraan roda empat di China. Keberhasilan Honda menggeser posisi Toyota tentu saja terletak pada inovasi dan juga build-quality serta harga jual mobil Honda itu sendiri yang saat ini dipasarkan dinegara yang kini menjadi salah satu kekuatan baru dalam perekonomian dunia.

Perseteruan dua brand ini memang benar-benar seru karena keduanya memang sama-sama berasal dari Jepang dan juga menghadirkan produk baru secara bergantian dengan tujuan untuk bisa mendapatkan konsumen apalagi dinegara sebesar China yang memang baru-baru ini mulai ekspansi bisnis otomotif hingga ke Indonesia melalui Wulling Motors.

Baik Honda maupun Toyota memang selalu saja menawarkan mobil baru dan pada Agustus 2017 sendiri tercatat mobil Toyota yang dipasarkan berjumlah 108.500 unit dimana penjualan tercatat mengalami kenaikkan sebesar 11,4 persen dari Juli 2017 sedangkan Honda mencapai 128.671 unit, naik 20,6 persen dari kenaikan 11,6 persen pada bulan Juli. Angka tersebut memang cukup memberikan motivasi tersendiri bagi Honda Motor Co Ltd divisi China untuk secara kontinyu menerapkan strategi penjualan yang terus diperbaharui agar mereka dapat bersaing dengan Toyota.

Bagaimana Dengan Pangsa Pasar Honda dan Toyota di Indonesia

Tentu saja kita harus mengakui raihan penjualan Toyota di Indonesia dimana hal tersebut karena didukung oleh infratruktur yang memadai. Honda melalui PT Honda Prospect Motor juga terus melakukan penetrasi pasar dengan melakukan update fitur, desain dan lain sebagainya pada mobil yang sebelumnya sudah dipasarkan di Indonesia.

Beberapa andalan Honda seperti CR-V, HR-V, Jazz dan Mobilio masih memiliki peluang untuk menjadi tulang punggung penjualan apalagi di Indonesia kebutuhan akan alat transportasi pribadi masih sangat tinggi. Honda memang tengah berupaya untuk melepas predikat sebagai brand yang hanya menjangkau segmen menang keatas dimana mereka telah berhasil meyakinkan konsumen melalui Mobilio yang hadir sebagai sebuah Low Multi-Purpose Vehicle untuk semua segmen tentunya.

Peluang untuk mencetak angka penjualan yang cukup tinggi tentu saja masih sangat terbuka bahkan untuk tahun 2017, PT HPM maupun PT Toyota Astra Motor memang menargetkan angka penjualan yang cukup tinggi dan menurut hemat kami ini sah-sah dalam bisnis otomotif karena tanpa target penjualan yang jelas maka roda perputaran sebuah bisnis bisa saja berjalan ditempat.

Jika kita telaah lebih dalam bahwa bagi Toyota yang hadir dengan line-up produk yang cukup lengkap tentu saja akan lebih mudah dalam mencapai target penjualan namun Honda tak akan menyerah begitu saja karena hingga kini berhasil menjadi bagian dari keluarga Indonesia melalui beberapa produk yang ditawarkan yang didasari pada kebutuhan seperti halnya mobil jenis Multi-Purpose Vehicle. Trendsetter berkendara konsumen di Indonesia yang berganti secara perlahan dari sedan ke MPV tentu saja langsung disambut oleh HPM dengan berbagai macam mobil MPV yang sudah kami sebutkan diatas.

Mengamati apa yang terjadi di China tentu saja merupakan sebuah prestasi yang diraih oleh Honda dan bisa saja menjadi motivasi bagi semua yang membawa panji Honda khususnya kendaraan roda empat di Indonesia. Penjualan yang sangat tinggi tentu saja akan memudahkan langkah sebuah produsen otomotif untuk terus berkarya dikancah otomotif global termasuk Honda yang kini berada pada peringkat teratas penjualan dinegeri yang juga pernah dikuasai oleh Dinasti Qin, Dinasti Han dan Dinasti Ming yang membangun tembok besar Tiongkok atau dalam Bahasa Inggris disebut juga Great Wall of China.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance