Market Mobil Honda Mengalami Kenaikan 32 Persen Selama 2013

penjualan mobil honda images

Para pemerhati perkembangan otomotif tanah air pasti mengamini judul di atas. Pasalnya, sesuai dengan kenyataan yang terjadi dan catatan penjualan distributor. PT Honda Prospect Motor membukukan penjualan sebanyak 91.493 unit mobil di Indonesia sepanjang Tahun 2013 lalu. Jumlah penjualan tersebut meningkat sebesar 32 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya tercatat sebanyak 69.320 unit. Performa dan kualitas produk disinyalir menjadi pemicu kecendrungan positif dalam pemasaran berbagai produknya.

Ada beberapa produk yang menonjol dan menyumbang angka penjualan secara signifikan. Salah satunya, Honda CR-V yang lagi-lagi menjadi trendsetter untuk segmen sport utility vehicle. Tidak dapat dipungkiri, pesona SUV andalan Honda ini telah menggairahkan pasar otomotif dari Tahun ke Tahun. Desainnya terus berkembang mengikuti selera dan kebutuhan konsumen. Memang Honda punya keunggulan dalam menyesuaikan tiga faktor penting produk otomotif, yakni performa โ€“ kualitas, style โ€“ desain, dan harga โ€“ kebutuhan konsumen.

Sementara itu, produk di segmen city car, MPV, dan mobil murah ramah lingkungan turut serta menjadi bagian kenaikan 32 persen yang dicapai Honda Indonesia tadi. Sebut saja kesuksesan Brio LCGC, yang tidak saja ikut menjaga pasaran city car, malah meningkatkan pangsa pasar mobil Honda secara keseluruhan. Jauh-jauh hari sebelum pemerintah menerbitkan peraturan dan sertifikasi mobil murah ramah lingkungan, Honda sudah mempersiapkan Brio. Dan saat LCGC benar-benar diterapkan, PT HPM menjadi distributor paling siap dalam penjualan produk mobil murahnya.

Honda Brio Penyumbang Terbesar

Honda Brio bisa dikatakan sebagai penyumbang terbesar total penjualan distributor. Penilaian ini berdasarkan lini produk pendatang baru yang berkontribusi terhadap catatan penjualan Honda. Bayangkan saja, sejak diluncurkan pada Tahun 2012 silam, Brio sudah terjual sebanyak 25.167 unit. Perinciannya, sebanyak 17.165 unit terjual di sepanjang tahun 2013 dan 8.002 unit di Tahun 2012. Ada peningkatan sebesar 42 persen. Yang lebih membanggakan lagi, Honda Brio menjadi produk Honda terlaris selama bulan Desember 2013 dengan total penjualan sebesar 2.925 unit.

Mobil dengan daya muat 5 orang penumpang ini memang diproyeksikan jadi city car yang futuristik. Oleh karenanya, mobil Brio dilengkapi fitur-fitur termodern untuk performa dan kenyamanan berkendara. Sangat pas dengan tagline more choices more excitement-nya, Brio memberikan sensasi berkendara yang sangat personal. Interior dengan modern style dan fungsi optimal menyajikan kenyamanan berkelas dalam ruang kabin yang luas. Semua pengendara, baik pengemudi maupun penumpangnya pasti betah dengan interior berbalut material kualitas tinggi yang nyaman dan lembut.

Soal performa berkendara, Brio tidak kalah dengan city car sekelas di atasnya. Kemudahan handling sangat terasa saat bermanuver dengan tingkat akselerasi sempurna untuk segala situasi lalu lintas. Di kecepatan tinggi pun, keseimbangan tetap terjaga karena body aerodinamis dan downforce yang cukup besar. Tidak ada masalah saat Anda berkendara, melibas tikungan berkecepatan tinggi bersama Brio kesayangan. Saat harus melakukan manuver U-Turn, Brio hanya butuh radius putar sejauh 4,5 meter.

Brio bisa dibilang sebagai mobil termurah Honda. Namun harus diingat bahwa label termurah tidak bisa diartikan sebagai produk minimalis. Semua amunisi terbaiknya dihasilkan dari pengembangan secara seksama oleh para insinyur Honda. Jadilah sosok Brio yang tangguh. Selain itu, kapasitas mesin kecil dan teknologi injeksi nomor satu, sudah pasti memberikan efisiensi tinggi plus ramah lingkungan.

City, Jazz dan Mobilio MPV Masih Jadi Andalan Honda

Berbicara mengenai mobil-mobil perkotaan yang diproduksi oleh Honda, kita tidak dapat melepaskan diri dari 3 nama, yaitu City, Jazz, dan Mobilio MPV. Ketiganya bisa jadi barometer penting dalam hal performa dan kualitas yang selalu dikedepankan oleh produsen. Nama Mobilio MPV mungkin masih terdengar baru di telinga masyarakat kita. Namun City dan Jazz sudah sangat familiar serta identik dengan kualitas berkendara terbaik di kelasnya masing-masing. Sama-sama jadi idola kaum urban, kedua lini produk sudah memiliki pangsa pasar eksklusif.

All New City memegang peranan penting dalam eksistensi Honda di kelas Compact Sedan. Desain yang ringkas namun padat menghiasi setiap jengkal body sebuah City. Akan tetapi, begitu Anda duduk dalam kabinnya, sensasi full-size sedan bisa segera dirasakan. Dengan kualitas dan performa terbaiknya, Honda City telah terjual lebih dari 2.750 unit di Tahun 2013.

all_new_city images

All New Honda City 2014

Prestasi yang sangat membanggakan. City berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 45% di kelasnya, dan sekaligus menjadi market leader. Sama halnya dengan City, All New Jazz merupakan anak emas Honda Prospect Motor di segmen city car. Hampir semua masyarakat Indonesia, khususnya kaum urban, mengenal dengan baik sosok andalan Honda yang satu ini. Pangsa pasarnya yang terus meluas dari waktu ke waktu, menjadi kebanggaan tersendiri bagi produsen. Sejak diperkenalkan pertama kali sebagai mobil perkotaan yang menyasar pasar kaum muda, kini Jazz merambah ke segmen yang lebih luas. Mulai dari pelajar, mahasiswa, eksekutif muda, bahkan hingga pengusaha mapan pun, masih mau menjadikannya sebagai kendaraan pribadi yang menemani aktivitas sehari-hari.

Baca juga :
honda U finance