Penjualan Brio Mengalami Penurunan

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya 02 Agustus 2012, Honda mengeluarkan Brio dengan mesin 1.300 cc dan berat 920 kg. Mobil ini didesain memiliki sifat ramah lingkungan dan harganya sangat murah dibandingkan dengan jenis lain, namun ternyata penjualannya tidak sebagus Honda Mobilio yang memiliki catatan baik di bulan Maret 2014 lalu. Bahkan, Brio menunjukkan penurunan yang cukup signifikan, yakni sebanyak 425 unit pada Maret, dibanding angka sebesar 2.061 unit pada bulan Februari lalu.

penjualan brio menurun

Jika dibandingkan dengan penjualan di bulan Januari lalu, mobil Brio hatchback memang menunjukkan angka penjualan yang cukup bagus yaitu 2.297 unit, namun terjadi kemerosotan terus-menerus pada bulan-bulan berikutnya. Hal ini tentunya sangat disayangkan. Padahal, Brio hadir dengan dimensi yang tak berbeda jauh dari Honda Jazz, namun dengan harga yang jauh lebih terjangka, yakni dengan selisih hampir mencapai Rp 100.000.000.

Bila dibanding angka penjualan pada produsen lain, seperti Toyota dan Suzuki Wagon R, Brio memang menunjukkan kemerosotan yang relatif lebih besar. Namun jika anda melakukan komparansi tentu saja spesifikasi mobil Brio lebih unggul dari para pesaingnya. Suzuki Wagon R juga mengalami penurunan tapi tidak sebesar Brio. Dari data Gaikindo (wholesale) tanggal 14 April lalu, pada bulan Januari Wagon R terjual 1.693 unit, Februari menjadi 2.158 unit dan pada Maret turun menjadi 2.037 unit, namun penurunan ini tidak begitu signifikan.

Ternyata penurunan penjualan ini juga tak hanya dialami kedua produsen tadi. Toyota dan Daihatsu pun juga mengalami hal yang sama. Toyota Agya mencapai angka penjualan 6.522 unit di Bulan Januari, lalu naik di Februari menjadi 7.461, namun kemudian turun kembali menjadi 6.648 unit pada Maret 2014.

Tak berbeda jauh dengan nasib perusahaan roda empat lain, Daihatsu Ayla juga mengalami penurunan angka penjualan. Pada bulan Januari, Daihatsu mencatat angka penjualan 3.774 unit, kemudian melonjak hingga 4.590 unit di Februari, tapi turun kembali menjadi 4.333 unit pada Maret. Jika dilihat memang kemerosotan tersebut masih relatif kondusif, tidak seperti Brio yang menunjukkan kemerosotan berarti. Bila ditarik kesimpulan, pada bulan Maret, penurunan angka penjualan produk otomotif memang terjadi secara menyeluruh. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh beralihnya perhatian publik ke sektor politik.

Semua Produk LCGC Mengalami Kelesuan

Kelesuan memang tengah merasuki pasar otomotif nasional. Mungkin saja kelesuan pasar disebabkan oleh pesta Politik 2014, di sisi lain pemesanan Mobilio telah mencapai 30.000 unit saat produk Honda yang lain seperti Brio tengah berjuang keras untuk bertahan. Ya, ternyata Honda Mobilio justru menunjukkan trend sebaliknya. Honda mengandalkan jenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ini karena angka penjualannya yang berkembang sangat cepat. Dari Januari hingga bulan Maret lalu, mobilio telah berhasil terjual sebanyak 18.341 unit dengan pangsa pasar hingga 18% di kelas LMPV.

Mobilio memang menjadi kebanggan produsen mobil ini. Bagaimana tidak, dengan unggulannya yang ditawarkan, Honda hanya butuh waktu tiga bulan saja untuk memantapkan kedudukannya pada peringkat dua dalam kelas Low MPV di Indonesia dan meraih predikat sebagai mobil paling laris kedua saat ini.

Honda memang tak main-man dengan persembahannya kepada konmsumen melalui mobil tipe ini. Bisa dilihat bahwa pada Maret lalu, mobil ini telah mencatat penjualan sebesar 10.592 unit, naik 69,7% dibanding penjualan Honda Februari yaitu 6.241 unit. Bahkan Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor di Jakarta mengungkapkan rasa bangganya karena Mobilio dapat diterima dengan sangat baik di tengah-tengah kelesuan pasar otomotif nasional. Jonfis Fandy juga mengatakan bahwa pihaknya percaya bahwa penjualan Mobilio akan terus meningkat.

Ternyata LMPV terobosan Honda tersebut telah turut meningkatkan penjualan sang produsen asal Jepang ini sebesar 21%, bulan Februari telah terjual 11.915 unit dan naik menjadi 14.529 unit pada Maret 2014. Sedangkan Honda jazz berada diperingkat kedua dengan perolehan 1.632 unit di bulan Maret 2014, meningkat dari Februari yaitu 1.122 unit.

Total penjualan Jazz telah tercatat sebanyak 4.647 unit selama tahun 2014 dan telah berhasil mendapatkan pangsa pasar 49% serta meraih status sebagai market leader di kelas hatchback. Sedangkan total penjualan mobil Honda pada tahun 2014 telah mencapai 36.079 unit dan menguasai pangsa pasar sebesar 11% di pasar otomotif dalam negeri.

Baca juga :
honda U finance