Mobil Jenis CUV Mulai Digemari Konsumen

Minat konsumen terhadap mobil berklasifikasi CUV di pasar otomotif Indonesia kian hari kian meningkat. Terbukti dengan banyaknya brand yang mengeluarkan amunisi-amunisi terbarunya dengan tipe CUV. Mungkin masih banyak yang belum terlalu mengetahui mobil bertipe CUV dibandingkan tipe mobil lainnya seperti MPV, SUV, Sedan dan lain sebagainya. CUV merupakan singkatan dari Crossover Utility Vehicle yang hadir dari perpaduan mobil SUV dan Sedan. Bahkan, banyak orang yang mengartikan SUV sama dengan CUV padahal keduanya adalah tipe yang berbeda. SUV sendiri kepanjangan dari Sport Utility Vehicle yang menerapkan body on frame atau body terpisah dengan sasis, sedangkan CUV menerapkan desain sebaliknya, yaitu unibody.

Beberapa mobil CUV yang banyak beredar di pasar otomotif Indonesia adalah Juke, HRV, BRV dan Rush.
Penjualan Juke pada tahun 2015 ini terbilang cukup baik dengan angka penjualan sebanyak 100 unit per bulan walaupun tentu masih kalah pamor dengan line up lain di kelasnya. Juke merupakan amunisi crossover pertama dan andalan pabrikan Nissan. Varian CUV ini mampu menempuh medan yang berat walaupun mengadopsi desain sedan. Kelebihan lainnya adalah adanya fitur pengendali yang menjadi satu dengan layar LED sehingga memudahkan penggunaan dalam mengontrol daya mobil, kecepatan, torsi, suhu, dan lain-lain.

Mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1500 cc yang dilengkapi dengan teknologi DOHC. Juke mampu menghasilkan torsi maksimum hingga mencapai 150 Nm pada 4000 rpm dan daya maksimum mencapai 114 hp pada rpm 6000.

Di lain pihak, HRV menjadi penguasa di segmen CUV pada tahun 2015 ini dengan angka penjualan yang fantastis yaitu mencapai 17.788 unit dan langsung mendapat gelar Car of the Year pada ajang Otomotif Award 2015. HRV merupakan crossover andalan pabrikan Honda yang diluncurkan tahun 2014 lalu. Kelebihan CUV ini adalah mudah dikendalikan untuk bermanuver di jalanan yang sempit sekalipun karena memiliki jarak putar minimum 5,3 m. Kelebihan lain CUV ini adalah desain bodinya yang sengaja dibuat pipih untuk menghindari tekanan angin. Mobil ini menggunakan 2 varian mesin yang berkapasitas 1500 cc dan 1800cc berteknologi SOHC i-VTEC.

Sedangkan CUV lainnya, yaitu BRV langsung kebanjiran pemesanan saat pertama kali diluncurkan pada ajang GIIAS 2015 yang mencapai angka 1032 unit. BRV merupakan crossover seven seater pertama dari Honda yang diluncurkan Agustus lalu. Kelebihan CUV ini adalah desain yang menarik, mesin yang lebih bertenaga, dan bagasi yang lebih luas. Kelebihan lain CUV terbaru HPM tersebut adalah adanya fitur keselamatan yang lengkap seperti adanya Anti-lock Breaking System (ABS), dual front airbags, Electronic Brake Distribution (EBD) dan sebagainya. BRV menggunakan mesin yang berkapasitas 1500 cc berteknologi SOHC i-VTEC 4 silinder 16 katup. Mobil seven seater ini mampu menghasilkan torsi maksimum mencapai 145 Nm pada 4600 rpm dan daya maksimumnya 120 Hp pada 6600 rpm.

Selanjutnya, Rush ternyata masih banyak diminati konsumen. Tercatat hingga Maret lalu, CUV ini telah terjual 5.018 unit. Rush merupakan mobil crossover asal pabrikan raksasa Jepang Toyota yang juga diluncurkan tahun 2015. Kelebihannya adalah didesain dengan fitur yang canggih, mesin yang garang dan desain yang sporty serba metalic. Kelebihan lainnya tentu adanya fitur keselamatan yang mumpuni seperti Anti-lock Breaking System (ABS), Dual SRS Air Bags, Electronic Brake Distribution (EBD) dan masih banyak lainnya. Mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1500 cc DOHC berteknologi VVT-i 4 silinder 16 katup. Daya maksimumnya mencapai 109 Hp pada 6000 rpm dengan torsi maksimum 144 Nm pada 4400 rpm.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance