Ketok Magic Pake Sihir? Baca dulu yuk

bengkel ketok magic images

Ketok Magic mungkin kurang familiar ditelinga masyarakat yang masih awam soal otomotif. Akan tetapi bagi mereka yang akrab dengan seluk-beluk mobil dan perbengkelan, pasti tahu. Apalagi untuk pengendara yang pernah memanfaatkan jasa service body dan chassis ini. Tradisional tampaknya tetapi menggunakan teknik tinggi, membuat model bengkel tersebut sangat unik dan istimewa. Pengerjaan yang sering tertutup dan bersifat rahasia menimbulkan berbagai persepsi di masyarakat.

Sebenarnya, bengkel Ketok Magic sudah ada sejak peradaban otomotif masuk ke Indonesia. Bahkan, bengkel khusus service body dan chassis modern yang ada sekarang, merupakan pengembangan dari bengkel tradisional tersebut. Yang membuat berbeda adalah alat atau tools yang digunakan dan tenaga ahli atau sumber daya manusia sebagai operatornya. Untuk menjadi seorang ahli Ketok Magic, sampai sekarang belum ada sekolah atau sertifikasi khusus. Tapi mereka yang menangani service di bengkel resmi khusus perbaikan body kendaraan pasti sudah mempunyai sertifikat atau pernah mengikuti diklat serta kursus.

Mekanisme yang dijalankan di bengkel Ketok Magic memang terkesan unik dan menimbulkan persepsi berbau magis. Peralatan yang digunakan pun sangat sederhana, tidak mahal, dan tidak secanggih alat-alat perbengkelan masa kini. Istimewanya, peralatan Ketok Magic rata-rata dibuat oleh jenis industri rumah tangga. Walaupun bengkel resmi, yang memberi jenis layanan sama yaitu perbaikan body dan sasis mobil, semakin menjamur di berbagai pelosok, Ketok Magic tidak kehilangan tajinya.

Biaya yang relatif lebih murah dibandingkan perbaikan di bengkel resmi menjadikan Ketok Magic sebagai salah satu tujuan utama. Ketika pengendara atau owner mobil mengalami masalah dengan bagian body kendaraan atau sasis, bengkel tradisional ini bisa jadi prioritas. Selain itu, efisiensi dan efektivitasnya pun tergolong tinggi. Dengan kasus yang sama, waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan di Ketog Magic jauh lebih cepat dari pada di bengkel resmi.

Ketok Magic Bukan Sihir

Mungkin Anda yang sering ke layanan Ketok Magic pun belum tahu, bagaimana mekanisme dan cara kerjanya. Banyak yang penasaran, bagaimana bengkel tersebut bisa begitu efektif dan efisien menyelesaikan problem pada body maupun sasis mobil. Mari kita menyimak sedikit bocoran yang diberikan oleh H. Bimo Susatyo kepada salah satu wartawan portal otomotif nasional. Beliau adalah owner Ketok Magic Shark, yang berlokasi di Jalan Haji Nawi Raya No. 42, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Cara kerja dan teknik pengerjaannya hampir tidak ada beda dengan bengkel resmi. Tapi di sini kami lebih mengandalkan keahlian unik yang tidak dimiliki oleh bengkel lain,” ujar Bimo. Menurut pemilik bengkel Ketok Magic paling terkenal di kawasan Jakarta Selatan ini, hasil pengerjaan sangat bergantung pada keahlian dan pengalaman tukang Ketok Magic atau nama kerennya “Teknisi” yang bersangkutan. Teknisi yang berpengalaman dan memiliki keahlian tinggi pasti memberikan hasil kerja yang mendekati sempurna. “Jadi kalau orang bilang kami memakai daya mistis atau magic itu tidak benar”, sambung Bimo.

Untuk body yang penyok, tukang Ketok Magic harus melakukan pengetokan dengan teknik dan cara-cara khusus. Tidak boleh melakukannya secara serampangan karena dampaknya malah tambah parah. Alat-alat yang dipakai pun biasanya disesuaikan dengan si Tukang Ketok Magic. “Kami biasanya memesan alat-alat yang mendukung kerja teknisi agar mencapai hasiul maksimal. Ada industri kecil yang biasanya Kami pakai untuk membuat peralatan atau perkakas tersebut,” jelasnya. Dengan alat yang sesuai plus keahlian para teknisinya, body mobil yang penyok bisa kembali seperti sedia kala.

Penggunaan alat dan teknisi yang mengerjakannya pun disesuaikan dengan tingkat kerusakan mobil atau kendaraan yang dibawa ke bengkelnya. “Mobil yang rusaknya parah pasti dikerjakan oleh orang Kami yang sudah ahli dan berpengalaman. Sedangkan, untuk yang ringan-ringan, Kami bisa meminta teknisi yang setingkat di bawah mereka. Lamanya waktu pengerjaan juga bergantung pada tingkat kerusakan,” H. Bimo menambahkan ketika ditanya soal pembagian kerja.

Menutup perbincangan yang semakin menghangat itu, H. Bimo memaparkan bahwa mereka tidak membatasi layanan pada tulang dan body kendaraan saja. Chassis yang bengkok pun bisa diperbaiki agar dapat kembali ke bentuk semula. “Perbaikan sasis yang bengkok tidak pakai magic atau daya gaib seperti yang ramai dibicarakan orang di luaran. Kami hanya memanfaatkan keahlian si tukang ketok. Sasis yang bengkok harus dipanaskan dulu. Sesudah itu ditarik dan diketok dengan teknik khusus. Seperti itulah pengerjaannya,” tutup Bimo mengakhiri pembicaraan.

Baca juga :
honda U finance