Kelebihan Honda Mobilio Dibandingkan Para Pesaingnya

Kelebihan Honda Mobilio tentu saja ada baiknya anda ketahui sehingga dapat menjadi sebuah referensi dalam mencari mobil Low Multi-Purpose Vehicle. Saat pertama kali meluncurkan Mobilio melalui ajang Indonesia International Motor Show 2013 lalu, Honda Prospect Motor menangkap momentum yang sangat tepat dimana permintaan akan kendaraan keluarga murah tengah mencapai titik kulminasi tertingginya. Kehadiran MPV murah pertama Honda itu mampu mengubah peta persaingan di segmen prestisius ini dan menjadikannya sebagai kompetitor paling ditakuti oleh para rival lain dikelasnya.

Bukan hanya momen yang tepat atau strategi pengenalan produk yang jitu, Mobilio juga dianggap mempunyai sejumlah kelebihan yang tak dimiliki oleh produk lain pada segmen low MPV, Mobilio juga berani memperkenalkan revolusi teknologi dan desain yang saat itu terbuilang baru untuk sebuah kendaraan bergenre MPV murah.

Diantara kelebihan Honda Mobilio yang cukup membuat perbedaan dibanding kendaraan lain dikelasnya adalah penggunaan platform milik mobil Brio yang notabene merupakan sebuah citycar untuk diaplikasikan pada sebuah kendaraan berkonfigurasi 3 kabin. Platform Brio dikenal sangat handal dengan kombinasi struktur chassis yang kokoh dengan suspensi fleksibel serta empuk, perpaduan tersebut dinilai sangat cocok untuk diaplikasikan pada sebuah urban MPV seperti Mobilio.

Guna mengakomodir kebutuhan akan 3 baris kabin dalam interior Mobilio, Honda berinovasi dengan memanjangkan jarak antar kedua sumbu roda atau wheelbase hingga menjadi 2.650 mm, dengan pemanjangan as rodanya itu panjang keseluruhan pun ikut bertambah menjadi 4.386 mm dengan lebar 1.683 serta tinggi keseluruhan 1.603 milimeter.

Dimensi tersebut sangatlah ideal untuk menampung konfigurasi 3 baris kursi dengan kapasitas 7 orang penumpang dan masih cukup kompak untuk sebuah urban car dimana mobilitasnya sebagian besar dihabiskan di daerah perkotaan yang identik dengan kondisi lalu lintas yang padat, radius putar terendah atau minimum turing radiusnya yang hanya membutuhkan space 5,2 meter pun memudahkan sang pengendara ketika ingin bermanuver atau saat hendak parkir.

Struktur rangka berteknologi GCON plus ACETM memberikan proteksi lebih pada setiap peumpangnya, meskipun ringan namun teknologi rekayasa arsitektur ini mampu meredam dampak benturan dengan menyalurkan energi benturan secara merata keseluruh body luar hingga meminimalisir dampaknya pada kabin penumpang. Selain itu keempat sisi pintunya juga telah ditanamkan 4 pilar baja yang disebut side impact beam berfungsi menjaga ketahanan kendaraan saat terjadi benturan dari arah samping.

Bukan hanya kokoh dan aman, eksterior Honda Mobilio pun terlihat paling eksotis diantara semua mobil LMPV lainnya, desain aerodinamis dengan bentuk meruncing memberikan kesan layaknya sebuah coupe dibandingkan kendaraan keluarga yang identik dengan tunggangannya generasi senior. Tema sporty aerodinamis itu disempurnakan dengan ragam aksentuasi detail, fitur dan ornamen yang memperkuat kesan stylish sekaligus memberikan beragam fungsi saat berkendara.

Kelebihan Honda Mobilio yang juga sangat disenangi oleh para konsumennya adalah ruang interior yang lega, nyaman dan multifungsional. Honda mampu menciptakan desain ergonomis yang menghadirkan keleluasaan posisi dengan jarak lutut serta kepala yang lebar, bukan itu saja fleksibilitas dalam konfigurasi kursi – kursinya juga memudahkan pengemudi atau penumpang menentukan posisi duduk paling nyaman serta meningkatkan utilitas dari kendaraan keluarga serbaguna ini termasuk saat igin bepergian dengan membawa muatan barang ekstra.

Bila ada stigma bila interior Mobilio terlihat paling sederhana diantara kendaraan lain dikelasnya justru disitulah letak keunggulan selanjutnya dari MPV entry level HPM ini. Desain yang simple justru terkesan lebih modis dan sesuai dengan trend autifashion modern yang lebih mengutamakan fungsionalitas dibandingkan gimmick.

Kelebihan Mobilio juga terdapat pada sisi teknis atau lebih tepatnya mekanisme jantung pacunya. Honda mengaplikasikan mesin i-VTEC SOHC berkapasitas 1.5L atau 1500cc seperti digunakan pula oleh New Honda City dan All New Jazz. Mesin yang juga dilengkapi teknologi drive by wire ini memiliki performa yang cukup mengagumkan terutama pada putaran bawah dan tentu saja sangat hemat bahan bakar.

Kelebihan MPV Mobilio lain adalah harganya yang sangat ekonomis alias terjangkau untyuk semua kalangan dan tentu saja mempunyai value for money tinggi. Harga mobil Mobilio sendiri dibagi dalam beberapa variant terdiri dari type S manual, E manual serta CVT dan model teratasnya Mobilio RS CVT.

Baca juga :
honda U finance