Pemesanan Meningkat Jazz Versi Terbaru Diprediksi Dominasi Bursa Hatchback Indonesia

Sempat tenggelam oleh euforia kelas Low MPV, segmen City Car kembali bergairah terutama di kelas Hatchback 1.500 cc yang dihuni oleh Honda Jazz. Siapa yang tak kenal andalan Honda Prospect Motor dan raja sekaligus pelopor model hatchback di tanah air ini? Suatu keniscayaan jika ke pelosok mana pun menelusuri kota-kota besar, minimal kota Kabupaten se-Indonesia, Anda akan menemukan sosok menawan tersebut.

honda jazz model baru images

Maraknya pasar mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car, tidak menurunkan integritas Honda Prospect Motor dalam menyempurnakan kualitas mobil. Totalitas produsen terwakili dalam setiap jengkal unit mobil ini.

Dengan tekad, tanpa kompromi, menghadirkan performa dan kualitas terbaik, Jazz model terbaru diluncurkan dalam 3 varian yang memenuhi dambaan konsumen setia terhadap kebutuhannya masing-masing. Secara teknikal spesifikasi mobil Jazz memang hampir sama untuk semua varian namun Honda menambahkan beberapa fitur pada tipe tertinggi untuk membedakan salah satu ikon dari brand otomotif berlogo H ini.

Tipe RS jadi varian teratas, yang mengedepankan desain sporty untuk pengendara yang berjiwa muda, penyuka tantangan, dan penuh gaya. Sementara Tipe S, mengusung desain advanced yang menegaskan karakter kendaraan spesialis kaum urban. Untuk Tipe Terbawah yaitu Tipe A dengan harga yang lebih terjangkau, distributor menyediakannya bagi mereka yang beraktivitas tinggi dan dinamis. Ambisi Honda yang tanpa kompromi pun terlihat jelas hampir di semua aspek, mulai dari eksterior, interior, kenyamanan, performa, dan kualitas berkendara.

Dengan bandrol Jazz yang berkisar dari Rp 200 Juta sampai dengan Rp 250 Juta, para pembeli produk kebanggaan Honda Prospect Motor ini mendapat bonus yang tak terduga. New Audio System, Full Safety System, dan New Compact Design merupakan sederet keunggulan yang masih sulit ditandingi oleh para kompetitor di segmen City Car, khususnya kelas Hatchback 1.500 cc. Oleh karenanya, banyak kalangan yang berani memprediksi bahwa pemesanan Jazz Versi Terbaru masih akan mendominasi bursa hatchback Indonesia.

Hadir Dengan Perubahan Signifikan

All New Honda Jazz hadir dengan beberapa perubahan signifikan. Setelah 10 tahun berlalu, kini Honda Jazz hadir dengan konsep “Crossfade Monoform Exterior”. Konsep ini mengusung desain dinamis yang mewakili karakteristik Honda Jazz generasi sebelumnya.

Namun ada penggabungan kesan sporty dan kabin dengan bagian bawah yang besar, melebar dan dinamis. Perubahan-perubahan tersebut dapat diliihat dari dukungan spesifikasi yang disematkan oleh pabrikannya, sebagai berikut:

· Mesin

Produsen membekali Jazz terbaru dengan mesin berkapasitas 1.500 cc yang berteknologi SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup, i-VTEC, Drive by Wire, Torque Boost Resonator, dan sistem pemasukan bahan bakar PGM-FI. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 120 Ps per 6600 rpm dan torsi 145 Nm per 4800 rpm.

· Dimensi

Bodynya yang kompak memiliki dimensi panjang 3,9 m untuk Tipe A dan Tipe S. Pada Tipe RS ukuran panjangnya mencapai 3,92 m. Sedangkan untuk lebar 1,695 m dan tinggi 1,525 m sama pada semua varian dengan jarak sumbu roda 2,5 m.

Meski lebih panjang, Tipe RS ternyata memiliki jarak pijak roda depan – belakang 1,475 m – 1,46 m, lebih kecil dibandingkan Tipe A – Tipe S yang mencapai 1,49 m – 1,475 m. Akan tetapi, performa u-turn sempurna hanya membutuhkan lintasan sepanjang 4,7 untuk Tipe A – Tipe S dan 4,9 m pada Tipe RS.

· Transmisi

Produsen menyediakan pilihan transmisi manual dan otomatis 5-Speed pada Tipe S dan RS. Di Tipe A yang ada hanya manual 5-Speed. Grade Logic Control, Active Torque Converter Lock Up, dan Shift Hold Control merupakan fitur penunjang sistem transmisi.

· Sistem Kemudi

Jazz terbaru dilengkapi teknologi Rack and Pinion with Electronic Power Steering dengan Paddle Shift dan Tilt and Telescopic Steering Wheel.

· Sistem Suspensi

Kenyamanan berkendara ditunjang oleh penggunaan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan H-Shaped Torsion Beam di belakangnya.

· Sistem Rem

Sistem pengereman Jazz dilengkapi Vetilated Disc di roda depan dan Drum di Tipe A – Disc Tipe S dan RS pada roda belakang. Fitur ABS dan EBD disematkan untuk menjamin kinerja pengereman.

· Roda

Ukuran ban untuk Tipe A dan Tipe S yaitu 175 – 65 – R15. Pada Tipe RS, ban berukuran 185- 55 – R16. Sementara itu Velgnya memakai Steel 15 Inch untuk Tipe A, Alloy 15 Inch Tipe S, dan New Alloy 16 Inch di Tipe RS.

· Eksterior

Penampilan Jazz terbaru didukung oleh beberapa fitur sebagai berikut, Rear Combination Lamp – Bulb or LED, High Mount Stop Lamp, Fog Lamp, Tailgate Spoiler, Door Mirror, Power Retractable Door Mirror, Exhaust Pipe Finisher, Door Handle, dan Front Grille – Hexagonal – Chrome – Hexagonal with RS Emblem.

· Interior

Selama berada dalam kabin All New Jazz, pengendara dimanjakan dengan fitur-fitur antara lain Audio System – 1DIN – 2Din – New 6,1 Inch Touch-screen Monitor 2 DIN Compatible with iPod iPhone Blackberry and Connected with iPhone App Mode only for iPhone 4-4S, Multi Information LCD Display, Footrest, Power Door Mirror, Power Outlet, Sunvisor with Vanity Mirror, Double Glove Box, Driver Armrest, Integrated Rear Head Rest, Front and Rear Seat Reclining, Convenience Hook, Under Seat Box, Ultra Seat, Front Seat Back Pocket, dan Trunk Capacity 384 L – 1321 L.

· Fitur Keselamatan

Untuk menunjang sistem keselamatan berkendara, Honda menyematkan beberapa fitur berikut, Pedestrian Protection, Side Impact Beam, Dual SRS Airbags, Safety Belt with 3 Point ELR, Pretensioner Load Limiter, dan Neck Shock Mitigation Seat.

· Fitur Keamanan

Jaminan keamanan selama berkendara didukung pemakaian fitur canggih yang mencakup, Wave Key, Keyless Entry, Immobilizer, dan New Security Alarm System.

Baca juga :
honda U finance