Di India Mobilio Hadir Dalam 7 Varian Berbeda

honda mobilio di india images

Akhirnya HMI berkesempatan mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi negara pengekspor Mobilio pertama. India merupakan negara tujuan ekspor yang terpicu oleh kesuksesan Mobilio di tanah air. Hal ini membuktikan bahwa geliat manufaktur otomotif kita tidak dapat dipandang sebelah mata. Perkembangan bisnis otomotif, khususnya produksi kendaraan roda empat, mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Apalagi dukungan regulasi pemerintah yang sangat kondusif di tengah iklim usaha yang terus menunjukkan trend positif.

Tentu saja lini produk Mobilio diproduksi sesuai dengan kebutuhan dan selera masyarakat di sana. Ditengarai bahwa di India Mobilio hadir dalam 7 varian berbeda. Rupanya, kesuksesan di Indonesia berbuah manis dan menjadi trend baru otomotif di negeri Bollywood itu. Apalagi Mobilio yang masuk dalam daftar harga mobil MPV murah dan terjangkau di Indonesia, dipastikan mendapatkan penilaian yang sama di India.

Jadi Ancaman Maruti Ertiga dan Toyota Avanza

Kabar gembira yang sudah menghangatg beberapa waktu lalu, kini terbukti. Produk kebanggaan HPM akan hadir di India. Begitulah selentingan yang cepat menyebar via portal otomotif baik media online maupun media-media cetak. Semuanya memberitakan Honda yang membawa andalannya dalam lawatan ke India. Seluruh jajaran dalam tubuh manajemen HMC dan HPM optimis jika kehadiran Mobilio bakal disambut antusias di sana. Fenomena baru di pasar otomotif Indonesia diyakini terulang di sana.

Optimisme juga mengalir dari Jnaneswar Sen, Senior Vice President of Marketing and Sales Honda Siel Cars India Ltd. Beliau mengungkapkan tentang manuver yang dilakukan Honda. “Kami percaya bahwa animo masyarakat India begitu besar waktu menyambut kedatangan Mobilio, karena muncul dari kebutuhan terhadap MPV yang ringkas, kompak, dan murah,” tuturnya. Ekspor Mobilio ke India telah menjadi tonggak baru perkembangan dunia otomotif Indonesia. Seperti Mobilio yang mengancam eksistensi mobil Avanza di Indonesia, hal serupa terjadi juga di India. Maruti Ertiga pun terancam bergeser dari posisinya saat ini.

Untuk konsumen di Indonesia dan India, Mobilio memang suatu produk istimewa yang terbilang baru. Akan tetapi di negeri asalnya, Jepang, mobil tersebut sudah terkenal luas dan bukan jadi barang baru. Untuk pertama kali, Honda Mobilio diperkenalkan ke publik di Jepang pada Tahun 2001. Artinya, sudah lebih dari 10 tahun, baru sesudah itu dijadikan produk unggulan di Indonesia dan India yang sedang dalam pelaksanaannya.

Di sana, Mobilio lebih dikenal sebagai Jazz yang dikemas dalam desain MPV. Oleh karenanya, model yang sedang beredar di Indonesia sekarang merupakan versi MPV generasi pertamanya. Dengan desain bodi yang kompak dan 3 baris kursi pengendara, Mobilio mampu memuat 7 penumpang plus barang bawaan maksimal. Akan tetapi versi perdana MPV Jazz ini terpaksa diskontinyu karena kehadiran model Freed yang lebih disukai oleh konsumen Jepang. Penghentian produksi dilakukan pada Tahun 2008 lalu.

Indonesia mendapatkankan kepercayaan sebagai tempat perdana comeback-nya Mobilio. Setelah lebih dari 6 tahun diskontinyu LMPV Honda ini diproduksi pertama kali di Indonesia. Ajang Indonesia International Motor Show tahun 2013 mencatat rekor fantastis yang ditorehkan oleh Honda Mobilio. Hanya dalam beberapa hari sejak perkenalan perdananya, MPV berpenumpang 7 orang ini sudah habis dipesan. Bahkan saat itu, baik harga maupun spesifikasi teknis secara resmi belum ditentukan oleh produsen.

Sekali lagi, nama besar Honda yang telah teruji dan terbukti menyuguhkan kualitas terbaik dan performa tangguh, mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat kita. Dan yang lebih dramatis lagi adalah partisipasi aktif beberapa insinyur Indonesia dalam pengembangan model Mobilio. Selera dan kebutuhan masyarakat tanah air menjadi suatu patokan. Indonesia dipandang sebagai pasar potensial yang tidak saja menguntungkan secara bisnis tetapi lebih dari itu memberikan feedback positif bagi pengembangan produk Honda.

Honda Mobilio sendiri memang dipersiapkan HMC sebagai model MPV yang dispesialisasikan bagi para konsumen di negara-negara yang sedang berkembang. Platform Mobilio memungkinkan produsen dalam bongkar pasang, pengembangan mesin, dan mendesain eksterior-interior sesuai selera lokal. Untuk konsumen di sama, Mobilio disediakan dalam varian dengan mesin diesel berkapasitas 1500 cc dan teknologi i-DTEC. Dapur pacunya sanggup menghasilkan tenaga hingga 100 Ps dan torsi terbesar mencapai 200 Nm.

Khusus di India, karena konsumen di sana banyak request untuk mesin diesel, maka disediakan pula varian bermesin diesel. Sehingga total seluruh jumlah variannya jadi 7. Namun untuk Mobilio diesel hanya akan tersedia dengan transmisi manualnya saja. Sementara varian mesin bensin punya pilihan transmisi manual dan otomatis. Versi mesin bensin menggunakan mesin berkapasitas sama yaitu 1500 cc. Mesin bensin tersebut dapat memproduksi tenaga maksimal sebesar 119 Ps plus torsi terbesar 145 Nm.

Baca juga :
honda U finance