HPM Menaruh Harapan Besar Pada Honda HR-V

PT. Honda Prospect Motor nampaknya sangat optimis dalam menyambut tahun penjualan 2015 yang akan datang. Agen Pemegang Merk kendaraan roda empat dari manufaktur berlambang H itu telah mempunyai sejumlah amunisi yang dipercaya akan menjadi kartu truf mereka di masa depan. Selain masih diisi sejumlah nama legendaris yang telah menjadi icon mereka selama ini seperti All New Jazz citycar Brio maupun urban adventure car bernama CR-V, beberapa product anyar juga siap menunjukkan kualitasnya dalam kontribusi penjualan sang APM.

amunisi honda hrv di Indonesia

Diantara armada baru HPM itu tersebutlah dua buah line up dari dua segmen berbeda yaitu Mobilio dari kelas low multi purpose vehicle dan tentu saja mobil yang sedang menjadi headlines di sejumlah media otomotif dalam empat bulan terakhir yakni Honda HR-V. Crossover utillity vehicle pertama dari HPM itu memang telah memukau publik sejak melakukan penampilan perdana di tanah air melalui ajang Indonesia International Motor Show bulan September 2014 kemarin.

Tak salah memang bila HPM menaruh harapan besar pada mobil Honda HR-V karena adik dari SUV CR-V telah menunjukkan kapabilitasnya untuk menjadi bintang baru dalam industri otomotif nasional. Meski belum memberikan harga resmi serta detail spesifikasi dari calon unggulan barunya tersebut, namun CUV pertama mereka itu mampu menempati posisi kedua atau runner up kendaraan roda empat favorit pilihan pengunjung di IIMS 2014 lalu.

Predikat sebagai Runner Up Favorite Cars by Visitors Choice pada ajang otomotif terbesar di Asean tersebut merupakan gelar pertama dari rentetan penghargaan yang menghiasi lemari trophy dari mobil yang juga dikenal sebagai Honda Vezel itu dalam kurun waktu empat bulan. HR-V berturut turut kemudian memenangkan Best small SUV pada gelaran WOW Product Automotive yang diselenggarakan oleh Marketeers and Markplus Inc.

Sang baby CR-V lalu mendapat predikat sebagai Favourite Passenger Cars di Pekan Otomotif Surabaya dan Best Cars pada Pekan Otomotif Makasar. Dikedua ajang yang merupakan perhelatan otomotif terbesar dikawasan Indonesia Timur itu, HR-V juga menjadi kontributor utama dari penjualan unit mobil Honda dimana pada masing masing ajang itu terjadi transaksi sebesar 165 dan 194 SPK untuk crossover ini.

Hingga berita ini diturunkan tercatat jumlah pemesanan atau indent Honda HR-V telah melampaui angka 3500 unit hanya dalam kurun waktu kurang dari 4 bulan saja. Yang cukup menggembirakan adalah minat masyarakat terlihat cukup merata untuk seluruh modelnya baik itu variant bermesin 1.5L maupun 1.8L Prestige yang merupakan type tertinggi dan termewah dari mobil ini.

Berdasar data diatas, maka tentu amat wajar bila HPM merasa begitu optimis akan masa depan jagoan barunya tersebut, tak heran pula bila banyak yang memprediksikan bahwa tahun 2015 adalah titik awal dari kebangkitan Honda untuk menjadi manufaktur terbesar di tanah air. Bila selama ini pabrikan asal Jepang itu cukup nyaman berada diposisi 4 atau 5 besar, kini mereka telah membidik target yang lebih tinggi setidaknya menempati ranking kedua atau runner up.

Honda Motor Co bahkan telah berani mencanangkan sasaran penjualan sebesar 300 ribu unit pada tahun 2016 mendatang di 3 negara yang menjadi tujuan utama pemasarannya dikawasan Asia yaitu Thailand, India serta tentu saja Indonesia. Ketiga negara itu memang telah menjadi basis produksi sekaligus pemasaran produk roda empat mereka selama ini.
Untuk mendukung tujuan besar tersebut maka Honda Indonesia telah menyiapkan sejumlah langkah teknis maupun strategis termasuk dengan meningkat kapasitas produksi dalam negrinya. Saat ini, HPM telah memiliki dua buah fasilitas pabrik dengan volume produksi mencapai 200 ribu unit pertahun yang akan merakit sendiri sejumlah produk unggulan seperti HR-V, Mobilio, Brio maupun Jazz.

Crossover Pertama Honda Indonesia

Meskipun sebelumnya banyak pihak yang menyangsikan namun akhirnya keputusan HPM untuk ikut turun meramaikan segmen crossover mulai menampakkan hasil yang positif. Bila sebelumnya pasar mobil Honda identik dengan kendaraan exclusive untuk kaum menengah atas kini pabrikan berlambang H itu perlahan lahan mulai merubah image mereka dengan merambah pasar dikelas low entry dengan meluncurkan sejumlah line up terbaru diawali oleh citycar Brio dan Brio Satya LCGC, LMPV Mobilio serta CUV HR-V ini.

Segmen crossover sendiri walau tidak sebesar dan sepopuler segmen kendaraan keluarga maupun mobil kompak urban / citycar namun tetap memiliki pasar tersendiri dan semakin diminati oleh masyarakat tanah air terutama dari kalangan muda. Hal itu terlihat dari pre order Honda HR-V yang didominasi oleh konsumen dari generasi MTV itu atau para orangtua yang hendak membelikan mobil impian untuk anak tercintanya.

honda hrv crossover

Honda HR-V sendiri memiliki kualifikasi mumpuni untuk bersaing disegment crossover, berbekal kesuksesan dinegeri asalnya, Jepang dimana mobil ini berhasil meraih penjualan terlaris dikelasnya tahun 2014. Tentu saja hal itu membuktikan kualitasnya karena seperti diketahui masyarakat dinegeri pusat otomotif dunia itu sangat selektif dan mempunyai standar tinggi dalam menentukan kendaraan pribadi sehari hari mereka.

Platform mobil ini mengadopsi milik Honda Jazz dengan memodifikasi pada bagian wheelbase guna mampu mengakomodir tiga baris penumpang. Desain eksterior mengambil konsep Dynamic Cross Solid dengan karakter Solid Wing Face pada bagian depannya, konsep tersebut menjadikan tampilan luarnya terlihat tangguh namun tetap stylish dan elegan, kombinasi kedua konsep ini dipercaya sangat seductive atau mampu menggoda setiap pasang mata yang menatapnya.

Untuk interior Honda HR-V sendiri memakai tema Expansible Cockpit yaitu sebuah desain khusus yang dirancang untuk memberikan ruang luas pada kabin namun tetap memiliki nuansa personal, comfortable sekaligus cozy. Setiap detailnya menggunakan material berkualitas terbaik untuk menghadirkan kemewahan serta meningkatkan rasa nyaman bagi penumpang, deretan fitur tercanggih tak lupa diaplikasikan guna menunjang kenyamanan juga keselamatan para penumpangnya sepanjang perjalanan.

Hasilnya dapat dilihat, Honda HR-V memiliki kekhasan sendiri yang berbeda diantara produk lain sejenis. Mobil ini bukan hanya menyediakan segala kebutuhan yang diperlukan untuk menjadi kendaraan penunjang rutinitas atau urban lifestyle sekaligus mampu memberikan prestige tinggi bagi pemiliknya, namun juga masih oke bila sang pengguna ingin mengendarainya melintasi medan jalan yang penuh rintang di luar kota.

Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri konsumen pun tak perlu khawatir karena CUV ini telah dipersenjatai jantung mekanis terbaru dari seri Earth Dream Technology serta fitur ECON mode. Disamping itu harga mobil HR-V pun cukup realistis dan kompetitif dibanding produk lain dikelasnya dimana hal itu kini menjadi faktor yang cukup krusial ditengah hiruk pikuk pasar otomotif karena kenaikan BBM akhir akhir ini.

Faktor faktor diatas membuat HPM sangat optimis pada jagoan anyarnya dan bahkan berani mematok target penualan tinggi yaitu sebesar 20.000 unit pada tahun 2015 mendatang. Lebih jauh lagi, Honda berkeyakinan bila kehadiran mobil HR-V akan meningkatkan gairah segmen CUV dalah peta industri otomotif dalam negeri.

Baca juga :
honda U finance