Honda WR-V Resmi Mengaspal Di Brazil

Honda memang termasuk produsen otomotif yang paling produktif menelurkan produk terbaru bagi para konsumen setianya, belum lama ini manufaktur raksasa asal negeri matahari terbit tersebut baru saja meluncurkan satu lagi line up anyarnya yang diberi nama Honda WRV, dan ajang yang dipilih sebagai lokasi launching crossover ini adalah pembukaan pameran otomotif akbar di benua Amerika Selatan yaitu Sao Paulo International Motor Show di Brazil pada tanggal 8 November kemarin.

Para pengunjung SPIMS berkesempatan menyaksikan langsung sub compact SUV ini hingga berakhirnya pameran tersebut tanggal 20 November esok. Saat ini Honda Brazil sedang memproduksi line up anyarnya itu, sedangkan jadwal pemasarannya sendiri akan dimulai dari benua Latin America pada semester pertama tahun 2017 mendatang.

Honda sendiri menyebut bila WRV merupakan akronim dari kata Winsome Runabout Vehicle, penamaan ini sepertinya melanjutkan tradisi RV pada mobil urban cruiser keluaran Honda Motor Co. Seperti diketahui sebelumnya HMC telah menghadirkan deretan produk kendaraan penjelajah dengan code name RV yaitu CRV, HRV dan yang saat ini sedang booming di tanah air yakni BR-V.

Seperti juga kompatriotnya tersebut WR-V diklaim mempunyai nilai utilitas yang sangat tinggi seperti juga kendaraan SUV atau crossover lain keluaran manufaktur berlambang H ini. Disamping itu Honda menyebut bila calon jagoan barunya itu mempunyai keunggulan dalam segi ruang kabin yang sangat luas meskipun dengan dimensi yang terbilang cukup kompak untuk ukuran sebuah mobil urban cruiser.

Honda tampaknya sedang gemar memodifikasi platform terbaiknya untuk dikembangkan menjadi beragam model kendaraan dalam segmen yang berbeda. Bila sebelumnya kita mengenal HR-V yang dikembangkan dari platform milik Jazz serta BR-V yang berbasi chassis dengan Brio seta Mobilio, maka WRV ini juga menggunakan platform milik Jazz dan seperti juga HRV, Honda memodifikasinya dengan meninggikan jarak dengan tanah / ground clearence serta ukuran panjang juga lebarnya termasuk jarak antar sumbu roda tentunya agar mampu mengakomodir kebutuhan ideal sebuah compact #CUV.

Melihat dari spesifikasi mobil WRV yang dibocorkan melalui sejumlah media otomotif di Brazil, crososver anyar ini tampaknya akan menempati posisi di bawah BR-V atau dengan kata lain sebagai entry level product dari Honda untuk kategori kendaraan penjelajah mengingat kapasitas mesin yang lebih kecil dibanding para seniornya yang lain.

Baca : Penjualan Honda Mobilio Melebihi BR-V

Dengan demikian harga mobil WRV secara logika akan lebih bersahabat dibandingkan harga Honda BR-V yang saat ini mengisi segmen SUV murah. Namun jangan khawatir, Honda mengklaim bila CUV gressnya itu tetap memiliki kualifikasi tingkat tinggi sesuai standar kualitas Honda yang memang telah diakui kehandalannya plus desain revolusioner yang dijamin akan memikat hati para penggemar kendaraan adventure.

Dilihat dari tampilannya, desain eksterior mobil WRV sedikit banyak mengingatkan pada sosok concept car yang pernah ditampilkan pada ajang India Auto Show tahun 2014 lalu yaitu Honda Vison XS-1. Bodi mobil ini terlihat begitu gagah juga modern berkat siluet garis tajam mulai dari facia hingga buritan serta arsitektur aerodinamika yang sangat kental dengan lekukan yang demikian presisi mulai dari facia depan ke pilar A, roof dan pilar C hingga berakhir pada buritan kendaraan.

Eksteriornya terlihat semakin keren saja berkat penggunaan velg two tone color berukuran 16 inch model 5 spoke dengan kombinasi hitam dan silver nan memikat. Grill depan besar dengan kisi hexagonal menambah angker penampilan mobil WRV, untuk memberikan nuansa mewah, Honda mengaplikasikan palang berlapis chrome pada bagian tengah chrome serta di atas license plat pada sisi buritan, diatasnya terdapat roof rail yang menegaskan fungsi multi purpose dari Crossover-Utility Vehicle ini.

Untuk spesifikasi mobil WRV sendiri Honda sepertinya akan menyematkan mesin seri 2FM dengan 4 silinder serta 16 buah katup dengan kapasitas 1.2L, jantung mekanis ini juga akan dipersenjatai teknologi i-VTEC yang seperti diketahui mampu mengoptimalkan performa serta akselerasi mesins ekaligus membuatnya lebih irit bahan bakar.

Menurut CEO Honda, Takahiro Hachigo, kehadiran mobil WRV membuktikan komitmen pihaknya untuk para pelanggan setianya di benua Amerika Selatan, Takahiro pun menegaskan bila Honda akan terus menghadirkan produk unggulan yang unik untuk memuaskan para konsumen setianya. Yang perlu ditunggu apakah Honda akan menghadirkan pula WRV ke Indonesia? Nantikan saja kabar selanjutnya dari kami.

Baca juga :
honda U finance