Honda Mobilio Produksi Indonesia Segera Dipasarkan Di India

Kabar membanggakan hadir dari Honda Prospect Motor. Agen tunggal pemegang merk kendaraan roda empat keluaran pabrikan berlambang H di Indonesia tersebut mengatakan akan mulai melakukan ekspor untuk product low multi purpose vehicle terbarunya yakni Mobilio versi produksi dalam negeri kesalah satu negara termaju dalam industri perotomotifan di benua Asia yakni India.

ekspor honda mobilio india

Export perdananya sendiri direncanakan akan dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan, meski demikian pihak Honda tidak menyebutkan jumlah kuota dari ekspansi mereka kali ini, mereka hanya berharap product entry levelnya ini akan mendapat sambutan yang positif sebagaimana yang terjadi di tanah air.

Seperti diketahui, semenjak diluncurkan bersamaan dengan pagelaran automotive terbasar di Asia Tenggara bertajuk IIMS bulan September 2013 lalu, mobil dengan banyak kelebihan, banyak keunggulan ini terus menunjukkan eksistensinya dalam blantika perotomotifan nasional. Sebagai new comer dalam segment paling prestisius, MPV seven seater ini tidak gentar bahkan melejit sebagai rising star dengan tingkat permintaan unit yang semakin meningkat secara signifikan.

Fakta diatas menunjukkan bila Honda Mobilio Indonesia memang layak disebut sebagai the next big thing yang siap mengancam kenyamanan dari para rival lain yang telah terlebih dahulu hadir sebelumnya. Bukan rahasia lagi bila sejak kemunculan dari line up yang berbagi platform dengan citycar Brio ini, sejumlah pesaingnya mulai merasa gerah karena sedikit demi sedikit terkikis dominasinya dalam zona nyaman penjualan disegment tersebut.

Bukan itu saja, fenomena yang diraih oleh LMPVnya tersebut ternyata juga berimbas positif pada performa HPM secara keseluruhan. Tingginya minat masyarakat juga terjadi pada sejumlah line up lain seperti hatchback Jazz, New Freed, CR-V dan juga duo kembar dari segment citycar yakni Brio dan Brio Satya yang juga menjadi armada low cost green car dari pabrikan asal Jepang ini.

Nama Mobilio Sebenarnya Bukan Baru Bagi Honda

Meski tergolong baru dalam percaturan dunia otomotif nasional, Mobilio sendiri sejatinya bukanlah nama baru dalam industri automobile internasional. Honda Motor Corp pertama kali mengembangkan mini MPV ini pada tahun 2001 silam dengan menggunakan serie global small platform mereka serta I Dsi engine sebagai motor penggerak utamanya. Namun demikian bentuknya saat itu sama sekali berbeda dengan model yang kita kenal saat ini.

Berbeda dengan versi saat ini yang memiliki full bonnet, line up yang masuk dalam project small max series dari HMC itu lebih dikategorikan sebagai sebuah compact wagon dengan konsep semi bonnet. Mobil ini dijual pertama kali dinegeri asalnya, Jepang melalui jaringan Honda Verno sejak tahun 2002 lalu hingga kemudian brand ini menghentikan masa produksinya pada 2008 untuk memberi posisi pada produk kendaraan keluarga terbaru bernama Honda Freed.

Sebelum mengalami discontinue product, mini wagon ini telah memiliki basis penggemar yang cukup loyal terutama karena ketangguhan platform, desain yang mewah serta performa yang handal namun ekonomis. Ya, MPV ini diklaim merupakan kendaraan berbais 7 penumpang teririt dizamannya dengan efisiensi BBM mencapai 17,2 kilometer untuk setiap liter bensin yang dikonsumsinya.

Mobil ini kemudian lahir kembali atau reborn di nusantara sejak 2013 lalu dengan sejumlah revisi ekstrem dari pendahulunya. Revolusi dalam segi desain rekayasa, sistem mekanis hingga teknologi membuatnya mendapat tempat dihati masyarakat penggemar mobil keluarga di Indonesia. Kini, MPV Mobilio mencoba peruntungannya melalui Honda India Ltd yang merupakan perwakilan resmi HMC di negeri Bolywood tersebut.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance