Honda Mobilio Siap Geser Posisi Suzuki Ertiga

honda mobilio geser ertiga images

Pangsa pasar di kelas Low MPV menjadi rebutan bagi semua produsen yang mewakilkan produk andalannya masing-masing. Di kelas tersebut, konsumen yang rata-rata datang dari golongan ekonomi menengah merupakan segmen terbesar. Apalagi karakter MPV yang punya cakupan pasar paling luas di antara semua jenis kendaraan yang ada di bursa otomotif nasional. Pemakaiannya yang beragam, mulai dari pribadi atau individu, keluarga, hingga komersial dan operasional korporasi, membuat Low MPV memiliki kapasitas produksi total terbanyak untuk semua brand.

Hal yang sama juga berlaku bagi Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Dua model yang diandalkan masing-masing brand-nya telah memberi warna baru di tengah kerasnya persaingan kelas Low MPV. Jika sebelumnya, kita hanya mengenal muka-muka lama yang telah lebih dari 1 dekade memegang hegemoni kelas terbawah MPV ini. Maka sekarang, sejak kemunculan Ertiga yang kemudian diikuti oleh Mobilio, semua brand beramai-ramai mengerahkan semua kemampuan terbaiknya untuk memberikan produk level atas kepada konsumen.

Hadir lebih dulu di Tahun 2012 lalu, Suzuki Ertiga datang membawa batasan baru tentang arti kenyamanan berkendara sebuah Low MPV. Dengan memakai platform swift yang digadang-gadang sebagai salah satu masterpiece teknologi otomotif Abad 21, Ertiga mengubah peta persaingan. Fenomena baru mengiringi peredaran Ertiga di Indonesia, sejak awal kemunculannya sampai sekarang. Harga terjangkau, teknologi berkualitas, dan performa berkendara yang belum pernah ada sebelumnya di kelas Low, membuat MPV Suzuki ini sangat diperhitungkan oleh para kompetitor.

Akan tetapi, pepatah “di atas langit, masih ada langit”, terbukti bisa juga berlaku di pasar otomotif kita. Munculnya nama baru, yaitu Honda Mobilio di akhir Tahun 2013 dan booming di awal Tahun 2014, seakan jadi momok baru di peta persaingan di kelas Low MPV. Bahkan santer terdengar bahwa Honda Mobilio sudah siap menggeser posisi Suzuki Ertiga. Honda Prospect Motor mengklaim bahwa LMPV-nya merupakan produk brand new dengan cita rasa Indonesia Asli. Selanjutnya, Mobilio dikemas elegan dalam balutan teknologi terdepan Honda sehingga jadi daya tarik yang tak pernah habis dibicarakan dan diburu.

Strategi Jitu Ditempuh Oleh ATPM

Kabar mengenai posisi Ertiga yang diperkirakan bakal tergeser oleh kehadiran Mobilio tidak terlepas dari strategi jitu yang ditempuh oleh ATPM. Soal kualitas produk dan performa berkendaranya memang tidak perlu diragukan lagi. Dengan sistem Front Wheel Drive (FWD) atau penggerak roda depan dan penggunaan fitur-fitur terbaik Honda, Mobilio dipercaya menjadi idola baru untuk segmen MPV, khususnya di kelas Low-end. Apalagi soal harga yang dibandrol oleh ATPM-nya. Honda Prospect Motor menetapkan harga Mobilio LMPV di kisaran Rp 160 Juta sampai dengan Rp 215 Juta.

Selain selling point yang ada pada harga dan kualitas produknya, Honda memiliki strategi mumpuni yang menyangkut pelayanan terhadap para konsumen. Bukan hal baru jika beberapa kali, Honda memperoleh penghargaan bergengsi, baik untuk produk maupun sistem pelayanan yang dinilai sangat memuaskan oleh para calon pembeli produk Honda, pemakai setia Honda, dan para rekanan kerjanya. Salah satu strategi yang patut dikedepankan pada kesempatan ini adalah paket Kredit Cermat Honda Mobilio.

Bagi konsumen yang membeli Mobilio dengan paket Kredit Cermat, bisa mendapatkan service murah. Servis dengan biaya yang hemat tersebut, bahkan bisa sampai jangka waktu 3 tahun hingga 6 tahun. Pihak distributor memang sengaja memasukkan subsidi service kendaraan dalam nominal angsuran yang dibayar konsumen. Sudah pasti, biaya service yang dibayar tiap bulan serasa jauh lebih ringan dibandingkan saat kita harus membayar saat melakukan service kendaraan. Konsumen tinggal memikirkan overhead lain berupa uang bensin dan salon – carwash untuk Mobilio andalannya.

Paket Cermat ini memberi keistimewaan agar konsumen tidak akan terkena biaya tambahan seandainya ada kenaikan harga yang berkaitan dengan service Mobilio. Biasanya, setiap tahun ada sedikit penyesuaian harga service di bengkel resmi Honda untuk Jasa dan Suku Cadang. Namun karena pemilik dan atau pengendara Mobilio sudah menginvestasikan biaya service selama masa Kredit Cermat-nya, maka Honda memberikan apresiasi berupa dispensasi biaya service.

Selain itu, fasilitas istimewa tadi bisa di pakai selama 3 sampai dengan 6 tahun ke depan. Apakah Honda Prospect Motor tidak merugi? Tentu saja tidak karena angsuran service yang dibayar selama menggunakan Paket Kredit Cermat, sudah pula diinvestasikan oleh Distributor dalam bentuk suku cadang Mobilio dan subsidi Jasa Service. Yang pasti, dari aspek bisnis, strategi yang ditempuh Honda sudah dipertimbangkan secara matang, dan menomorsatukan kepuasan pelanggan atau konsumen.​

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance