Honda Kembangkan Fitur SENSING Untuk Mengurangi Tabrakan

honda_sensing

Honda Motor Company Ltd terus melakukan inovasi khususnya pada fitur keamanan berkendara dan kali ini mereka kembali membuat sebuah terobosan yakni mengembangkan sebuah teknologi untuk mendeteksi para pejalan kaki maupun kendaraan lain disekitar mobil sedan Honda selama melakukan perjalanan. Sebuah teknologi terbaru yang diberi nama SENSING ini bertujuan untuk mengurangi tabrakan yang terjadi, baik tabrakan dengan kendaraan lain maupun mereka yang sedang melintasi jalan raya dengan cara mendeteksi keberadaan kedua objek diatas melalui sensor yang ada pada grille depan serta camera yang juga terpasang pada bagian depan tepatnya dikaca depan bagian jangkauan untuk memonitor keadaan sekitarnya lebih luas dan jauh pula. Menurut catatan kami inovasi sebelumnya yang tak kalah menarik juga adalah Blind Spot yang juga dibuat untuk mengamati area Blind Spot disaat pengemudi ingin berbelok.

Baca juga : Fitur Blind Spot pada All New Accord

Seperti #diberitakan disitus resminya HMC, baik sensor maupun kamera meski memiliki cara kerja yang berbeda namun keduanya dapat bekerja bersamaan yakni mampu mendeteksi kendaraan lain maupun pejalan kaki dalam jarak kecepatan 60 meter kemudian akan memberikan peringatan kepada pengemudi bahkan sudah terintegrasi dengan sistem Collision Mitigation Braking System dimana kendaraan akan berhenti dengan sendirinya apabila pengemudi mengatifkan sistem tersebut untuk bekerja secara otomatis. Hadirnya teknologi seperti ini diyakini akan mengurangi kecelakaan atau dengan kata lain tabrakan yang diakibatkan oleh pengemudinya ngantuk atau kurang berkonsentrasi dalam sebuah perjalanan. Meski bukanlah sebuah solusi untung mengatasi tabrakan namun tak ada salahnya jika produsen mengembangkan inovasi seperti ini guna meningkatkan keamanan dalam berkendara apalagi saat ini populasi kendaraan bermotor maupun para pengguna jalan raya terus meningkat.

Fitur SENSING Baru Diaplikasikan Pada All New Honda Legend

Sedan All New Legend akan menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan fitur ini dan penggunaannyapun masih di Jepang saja namun pabrikan berjanji akan mengaplikasikan fitur Honda smart Sensing ini disemua produknya pada tahun 2015 namun sekali lagi sangat bergantung pada pihak distributor karena APM akan menerapkan banyak fitur namun mereka juga harus mempertimbangkan harga jualnya di Indonesia. Sistem lainnya yang juga terdapat pada smart Sensing yakni Road Departure Mitigation yang berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pengemudi ketika keluar dari lintasan atau jalur yang dilewatinya dan sudah pasti jalan raya tentunya. Kemudian ada fitur Pedestrian Collision Mitigation Steering berfungsi untuk mendeteksi para pengguna jalan lainnya sekaligus garis batas tepi jalan lalu ada fitur False Start Prevention Function untuk mendeteksi lampu rem pada kendaraan yang ada didepannya. Terakhir adalah fitur Lead Car Departure Notification berfungsi mengingatkan pengemudi jika terjadi kemcatean melalui peringatan secara audio maupun visul.

HMC memang dikenal sebagai sebuah produsen yang juga mengutamakan kenyamanan dan keamanan sebuah kendaraan. Berbagai macam teknologi terbarupun sudah diaplikasikan dalam setiap produk unggulannya maka tak heran jika Honda tak hanya meraih kesuksesan di Asia namun juga di Amerika dan Eropa, produsen ini mampu bersaing dengan produsen otomotif lokal bahkan dinegeri paman sam, mobil-mobil sedan besutan Honda sangat laris dipasaran. Keberhasilan ini tentu saja tak lepas dari kerjasama yang erat antara HMC maupun Honda of America sehingga keduanya mampu menghadiri produk unggulan kebursa otomotif di Amerika Serikat. Fitur ini mungkin akan bisa dinikmati oleh para pengguna Honda di negara lain pada tahun 2015 mendatang namun dengan adanya Smart SENSING tetap saja para pengemudi harus selalu waspada dalam mengemudi.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance