Honda Jazz Hybrid Kapan Ya Masuk Indonesia?

honda_jazz_hybrid

Publik otomotif di tanah air sudah tidak sabar lagi menunggu kedatangan salah satu master piece besutan Honda. Jazz Hybrid merupakan konsep terbaru yang mengawinkan performa unggul sebuah Jazz dan teknologi terdepan Honda. Bukan hal yang baru jika setiap kali city car andalan ini diluncurkan, seketika pula pangsa pasarnya naik secara signifikan.

Di negara asal pabrikannya, Jazz model terbaru disediakan dalam 2 pilihan mesin, yaitu bensin dan hybrid. Namun itu di Jepang yang notabene sangat kondusif dengan minat konsumen yang sangat besar terhadap kendaraan berteknologi hybrid. Hal yang berbeda justru terjadi di Indonesia. Meski terbilang banyak peminat mobil-mobil canggih berefisiensi tinggi, regulasi dan kondisi yang kurang responsif terhadap isu tersebut.

Jazz model terbaru yang akan dipasarkan Honda Prospect Motor baru akan didatangkan pada akhir Tahun 2014. Rumor mengenai pilihan mesin yang sama antara Honda Jepang dan Honda Indonesia via eksistensi mereka yang kini menjadi perbincangan hangat di antara para pengamat otomotif dan penggemar city car. Pasalnya, belum ada gebrakan baru di tengah panasnya persaingan segmen kendaraan kaum urban itu. Publik menanti-nanti jawaban atau setidaknya bocoran dari pihak produsen.

Mengenai isu yang semakin luas terhadap Jazz Hybrid, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida memberikan klarifikasi. “Kami masih melakukan tahap riset pasar dan studi mendalam. Banyak hal yang sangat riskan jika harus membawa mesin hybrid ke Indonesia. Butuh pertimbangan yang matang,” ujarnya. Uchida juga menambahkan bahwa mereka perlu memperhatikan mekanisme produksi dan distribusi. “Masalah harga, kebutuhan, dan selera juga wajib dipertimbangkan secara matang agar sesuai dengan pasar Indonesia,” jelas orang nomor satu di tubuh Honda Prospect Motor itu.

Ditemui di sela-sela aktivitasnya di Jakarta, Hari Kamis 5 Nopember 2013 lalu, Uchida coba memberikan pembanding dengan kondisi yang terjadi di Jepang. “Berbeda dengan Indonesia, Jepang memiliki mekanisme insentif yang berasal dari pemerintah. Regulasi seperti ini yang sangat dibutuhkan di Indonesia, dan belum ada sampai sekarang. Dengan insentif itu, harga jual Jazz model Hybrid pasti sesuai daya beli konsumen Indonesia, “ tukas Uchida. Namun saat disinggung mengenai inisiatif dari pihak Honda, beliau menghindarinya dan menjawab diplomatis. “Kita tunggu saja negosiasi antara Honda dan pemerintah,” tutupnya.

Baca juga :
  • fariz dk

    jangan pesimis, harus optimis. buktinya camry hibrid cukup laris, apalagi honda jazz yang notabene libih kecil, pasti lebih laris. saran segera pasarkan di indonesia

  • Yunita Indarmiani

    Kapan masuk ke Indonesia dan berapa harganya…

  • Rayhan Zachary

    Ditunggu jazz/fit hybrid 2014 pasti masuk kok, fit hybrid model tahun lalu udah ada kok di indo.

honda U finance