Penjualan Honda Insight dan CR-Z Hybrid di Eropa Dihentikan

honda insight images

Selain Amerika, Eropa merupakan pasar yang potensial bagi sebuah brand otomotif namun yang sering menjadi kendala oleh para produsen non-Eropa adalah tingkat persaingan serta sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap bangsa akan lebih mencintai produknya sendiri dibandingkan dengan produk impor. Selain itu, sejarah panjang perkembangan otomotif dibenua biru telah membuat mereka untuk menghasilkan produk unggulan dengan harga yang “wah” pula.

Bangsa Jepang yang juga dikenal memiliki inovasi yang tinggi dalam menghadirkan sebuah produk tentu saja terus berusaha untuk menghadirkan produk unggulan bagi bangsa Eropa dengan kerja keras serta telah menghabiskan dana yang banyak selama proses research hingga menjadi sebuah mobil.

Honda CR-Z Insight dan CR-Z Hybrid merupakan salah satu line-up yang juga turut meramaikan bursa otomotif beberapa negara di Eropa, namun karena hasrat konsumen untuk memilikinya tak sebanding dengan All New Honda CR-V, maka Honda Motor Corporation akhirnya memutuskan untuk mencoret kedua varian diatas dan perederan untuk pasar Eropa dihentikan.

Fokus Pada Pasar Asia dan Amerika

Memang tak bisa dipungkiri bahwa HMC belakangan ini selain fokus untuk terus melakukan penetrasi pasar otomotif Asia, mereka juga lebih menargetkan Amerika sebagai “target market” yang lain, karena dinegeri paman sam konsumen sangat antusias dalam menyambut produk Honda terbaru karena berbagai alasan, diantaranya adalah hemat bahan bakar dan juga biaya servis rutin yang sangat terjangkau oleh semua segmen.

Honda CR-Z memang bukanlah produk unggulan meskipun varian ini adalah gambaran otomotif dimasa mendatang dimana pada dapurpacunya ada kombinasi antara mesin bensin dan hybrid yang memberikan jaminan efesiensi penggunaan bahan bakar dan sesuai dengan kampanye “green car” yang menjadi topik lingkungan hidup diera millennium.

Di Indonesia, populasi CR-Z juga tak banyak meski PT Honda Prospect Motor terus memasok mobil ini ke setiap authorized dealer agar dijual ke konsumen. Pertimbangan harga dan fungsi tentu saja masih menjadi topik utama publik di Indonesia saat hendak membeli mobil.

Dihentikannya penjualan Honda CR-Z Insight dan CR-Z Hybrid di Eropa bukan berarti raksasa otomotif asal Jepang ini sedang mengalami krisis namun lebih kepada jumlah permintaan yang tidak sesuai dengan yang ditargetkan oleh HMC. Namun, Honda divisi Eropa akan terus memonitoring perkembangan pasar disana dan kemungkinan besar mereka akan menawarkan produk lainnya seperti Honda Vezel yang merupakan SUV termurah dari HMC meski keduanya berbeda kategori.

Publik Eropa Lebih Memilih Jazz

Jika dibandingkan dengan produk Honda lainnya maka Honda awali tahun dengan gemilang karena alasan konsumen yang lebih selektif, bangsa Eropa juga dikenal selektif dan disana angka penjualan untuk kendaraan jenis MPV, City car, dan compact-hatchback terus meningkat. Sama halnya dengan dinegara lainnya, All New Honda Jazz terus mengalami kenaikan permintaan. Berdasarkan data yang dirilis oleh JATO Dynamics, pada tahun lalu, penjualan CR-Z menurun 66 persen menjadi hanya 695 unit.

Meski tetap diminati, namun untuk Jazz juga mengalami penurunan, dari 7.500 unit pada tahun 2012 menjadi 4.500 unit pada tahun 2013 lalu. Mungkin jumlah ini akan berbeda jika HMC kembali menghadirkan Jazz terbaru pada tahun 2015 mendatang.

Dari data statistik yang ada membuktikan bahwa persaingan antara produsen dibenua Eropa lebih ketat jika dibandingkan dengan di Indonesia. Bagaimana dengan di Amerika? Apakah penjualan Honda CR-Z Insight dan CR-Z Hybrid juga akan dihentikan? Kita lihat saja nanti!

Baca juga :

3 Komentar

  1. kurnia tayang says:

    transer dan sebutkan harganya dan apa kaejanggian nay

  2. Sis winardi says:

    Pengen beli honda jazz tp gak tau salesnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance