Honda HR-V Diharapkan Menuai Sukses Di Tanah Air

Satu nama baru bakal kembali menggairahkan pasar otomotif tanah air. HPM berencana meluncurkan HR-V yang diharapkan menuai sukses di tanah air. Sebenarnya, proyek yang melatarbelakangi munculnya nama HR-V, mengikutsertakan dua nama yang telah ramai diperbincangkan di jagat otomotif dunia.

honda hrv model indonesia

Honda memiliki 2 model untuk dipilih sebagai platform pengembangan SUV murah. Salah satunya yaitu Vezel yang sudah lebih dulu beredar di pasaran. Tapi dalam perjalanan proyek tersebut, Vezel dinilai sudah baku dengan dimensi dan penggunaan material yang ada. Jika memakai model Vezel, akan membutuhkan waktu dan biaya yang lebih besar dalam penyesuaian material pabrikasi serta ukurannya. Bukan hanya itu, pangsa pasar Vezel yang telah ada bisa dipengaruhi oleh kehadiran SUV se-brand yang menggunakan platform-nya.

Akan tetapi, situasi dilematis ini justru membuahkan pertimbangan lain atau alternatif yang lebih simple, yaitu pemakaian platform Brio. Dari aspek penggunaan material pabrikasi dan dimensi jauh berbeda dengan model SUV Honda lain. Kehadiran SUV baru berplatform Brio justru memperkaya lini produk di segmen tersebut. Berbagai keunggulan bakal menyertai kehadiran sosok Brio yang dipermak menjadi sebuah mobil sport tangguh dengan kelincahan sebuah city car. Double bonus, begitulah sebutan yang pas untuk SUV murah yang akan segera diproduksi Honda Motor Co. Ltd.

Di Jepang, SUV Low-End ini dijual pada kisaran Rp 225 jutaan. Jika dilihat dari kualitas dan performa berkendara yang ditawarkan maka bandrolnya sangat sesuai. Namun komparansinya sangat lemah terhadap para pesaing seperti Renault Duster, Nissan Terrano, dan Ford EcoSport yang beredar di pasar Asia. Jelas, Vezel tidak bisa bersaing dengan bandrol tersebut. Oleh karenanya, agar penetrasi di pasar otomotif Asia Tenggara sukses, Honda perlu menghadirkan SUV dengan harga yang lebih murah.

Produk Jenis Crossover Pertama Honda di Indonesia

Kini Honda Prospect Motor tampil penuh percaya diri dan berani merilis gambaran, bahkan nama resmi produk SUV murah terbarunya kepada publik tanah air. Sesuai dengan rilis resminya, HPM mengumumkan bahwa nama HR-V ditetapkan sebagai nama resmi untuk model Crossover Utility Vehicle terbarunya. Penegasan ini pun dilakukan bertepatan dengan perhelatan Mid Year Media Gathering yang digelar beberapa waktu lalu. Direncanakan Honda HR-V secara resmi akan diperkenalkan perdana di Ajang Indonesia International Motor Show 2014. Acara tahunan otomotif terbesar tanah air ini sedianya akan diselenggarakan Tanggal 18 – 28 September 2014 di Jakarta.

Jika kita flash back lagi, ternyata Honda HR-V sudah pernah melakukan debut dunia pada ajang Tokyo Motor Show 2013, tepatnya Tangga 21 November 2013. Namun di Tokyo itu, HR-V hadir dengan menggunakan nama Honda Vezel. Model Vezel sendiri sudah dipasarkan di Jepang sejak Tanggal 20 Desember 2013. Meski mirip dengan Vezel, Honda HR-V Indonesia tetap berbeda karena dikembangkan bukan atas platform Vezel. Platform Brio dipilih HMC karena lebih mengakomodir karakter Crossover.

Untuk pasar Indonesia, HR-V diluncurkan dalam dua pilihan mesin, yaitu i-VTEC 1.8 L dan i-VTEC 1.5 L yang menawarkan performa sporty sekaligus hemat bahan bakar. Model ini juga akan menghadirkan desain inovatif, kesenangan berkendara, kabin yang lapang, serta standar keselamatan tinggi yang menjadi ciri khas dari setiap produk Honda. Fitur keselamatan yang disematkan pada Honda HR-V di antaranya meliputi Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, Vehicle Stability Assist, dan Dual SRS Airbags.

Baca juga :
honda U finance