Honda Brio RS Kemungkinan Besar Hadir di Indonesia

brio rs siap diluncurkan

Sinyal kehadiran mobil Brio RS tanah air semakin menguat setelah Honda Prospect Motor diketahui telah mendaftarkan sebuah type terbaru dari citycar mereka itu di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Fakta ini bocor ketengah masyarakat setelah sejumlah media memberitakan hasil pantauan mereka pada situs TPT Online milik Kemenperin beberapa waktu lalu.

TPT (Tipe Pendaftaran Tipe) Kendaraan Bermotor adalah sebuah website yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin, melalui situs ini masyarakat umum bisa melihat langsung tipe kendaraan bermotor yang sedang atau akan didaftarkan seperti Brio RS ini contohnya secara realt ime dan up to date melalui sistem online.

Hebatnya dalam situs tersebut produk yang didaftarkan dengan kode registrasi 185/ILMATE/TPT/2/2016 itu tercatat sebagai Brio RS 1.2 CVT CKD, artinya calon variant tertinggi dari mobil murah ini dirakit di dalam negeri. Hal itu tentu berbeda dengan varian termewah sebelumnya yang telah didiscontinued yakni Brio Sporty yang merupakan produk CBU alias diimpor secara utuh dari luar negeri dalam hal ini dari negeri Gajah Putih, Thailand.

Selain Brio RS, HPM diketahui juga telah mendaftarkan Brio Satya dengan transmisi CVT atau Control Various Time serta Civic 1.5 TC. Kehadiran sejumlah calon produk terbaru tersebut tentu mengindikasikan bila pabrikan berlambang H ini telah siap dengan amunisi lengkap untuk mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi penjualan mereka pada tahun ini.

Meski demikian, ketika dikonfirmasi langsung oleh awak media, pihak ATPM sekaligus distributor mobil Honda itu masih belum bersedia memberikan statement resminya seputar kehadiran Brio RS. Melalui Jonfis Fandy, yang menjabat sebagai Direktur Penjualan dan Purna Jual PT. HPM, menyebutkan bahwa pihak Honda Indonesia memang tengah menyiapkan sejumlah product untuk tes jalan, akan tetapi apakah nanti produk tersebut kemudian dipasarkan secara komersial masih harus menunggu finalisasinya saja.

Sebelumnya, foto – foto dari produk yang disinyalir merupakan perwujudan dari Brio RS sempat tertangkap oleh kamera media. Dari gambar tersebut terlihat bila variant terbaru ini memiliki desain yang mengingatkan pada Mobilio RS dengan tampak yang lebih macho dan sporty serta sejumlah body kit dress-up.

Permintaan Brio Masih Sangat Tinggi

Bagaimanapun tentu saja berita ini menjadi angin segar bagi para penggemar mobil Brio di Indonesia khususnya mereka yang menginginkan tampilan lebih mewah serta bergengsi untuk citycar sub kompak itu. Terlebih Brio telah menjadi salah satu line up unggulan yang menjadi bagian dari 4 pilar utama Honda saat ini bersama dengan New Mobilio facelift serta duo crossover bernama HRV dan BRV.

Sampai dengan awal tahun 2016, permintaan akan seluruh tipe mobil Brio masih sangat tinggi, data penjualan terakhir menyebutkan bila citycar murah ini menyumbangkan tak kurang dari 2.645 unit dari total 1.904 buah kendaraan yang berhasil dijual oleh HPM pada bulan Januari kemarin. Dari jumlah tersebut, sebanyak 727 buah diantaranya diberikan oleh New Brio 1.2L yang menjadi pemimpin pasar dikelasnya dengan persentase 37 persen.

Sedangkan Brio Satya memiliki market share sebesar 17 persen di segment LCGC setelah 1.918 unit laris diborong oleh konsumennya. Khusus untuk type Brio Satya, HPM sangat berharap besar mengingat pabrikan ini memprediksi bila pasar mobil murah ramah lingkungan alias LCGC akan tumbuh lebih dari 5 persen pada tahun 2016 bahkan penjualan Honda secara keseluruhan bertambah jika dilihat dari meningkatnya populasi BR-V sebagai pendatang baru dikategori Crossover-Utility Vehicle.

Bila kemudian HPM merealisasikan kehadiran Brio RS, tentu akan semakin meningkatkan brand value serta kelengkapan model dari mobil kompak trendy ini sehingga memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen khususnya pengguna dan penggemar kendaraan berjenis citycar di kota – kota besar tanah air. Sebagai staff marketing tentu saja kami menyambut baik akan kehadiran tipe tertinggi dari deretan Brio yang ada sebab hal ini akan seiring dengan kecenderungan konsumen ditanah air dimana mereka akan menggemari mobil baru atau dengan kata lain pengembangan dari platform yang ada walaupun hal tersebut hanya sebatas pada minor change saja. Brio telah menjadi salah satu produk yang mampu mendongkrak penjualan Honda secara keseluruhan apalagi ditengah persaingan yang begitu ketat seperti belakangan ini.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance