Fitur Penghematan BBM ECON Mode Mulai Disosialisasikan

honda econ mode

Isu utama yang berkembang di dunia otomotif, sejak diangkatnya fenomena efek pemanasan global, adalah penekanan angka penggunaan bahan bakar yang menghasilkan emisi berbahaya bagi lingkungan hidup. Bahan bakar minyak atau BBM yang masih jadi prioritas bagi hampir semua produk otomotif, cukup tinggi menyumbang emisi berbahaya yang mengancam keberlangsungan ekosistem di bumi.

Dalam dua dekade terkini, seluruh produsen mobil berlomba-lomba menyesuaikan produknya agar sejalan dengan kampanye global, gerakan mengurangi dampak pemanasan bumi dengan meminimalisir emisi atau gas buang. Tidak terkecuali Honda, yang terkenal sangat gencar melakukan riset, pengembangan, dan inovasi fitur-fitur canggih yang mampu secara signifikan mengurangi emisi serta peningkatan efisiensi BBM.

Senada dengan hal tersebut, Honda Jakarta Center melakukan kampanye ECON Mode yang sangat canggih dalam Penghematan BBM. Fitur yang diaktifkan dengan menekan tombol ECON, membuat sistem Drive by Wire secara otomatis melakukan penyesuaian agar tercipta efisiensi BBM. Selain itu ECON juga menyesuaikan perpindahan transmisi dan pengoperasian AC sehingga semakin hemat dalam konsumsi Bahan Bakar.

PT Honda Prospect Motor berani mengklaim bahwa dengan menggunakan ECON Mode, konsumsi BBM bisa dihemat sampai dengan 20 persen. Keuntungan lain bagi pengemudi yaitu dapat mengetahui seberapa efisien gaya berkendaranya melalui ECO Assist, berupa indikator berwarna hijau di meter cluster. Fitur ECO Assist membantu pengendara untuk memonitor kondisi berkendara dan menyesuaikan gaya berkendara yang ideal untuk mencapai efisiensi maksimal.

Dalam rangka memperkenalkan Fitur ECON mode dan ECO Assist kepada masyarakat, Honda Jakarta Center, Dealer Utama Honda se-Jabodetabek melaksanakan Smart Drive with ECON Event di Kawasan Jakarta Selatan, tepatnya di Kota Kasablanka pada Tanggal 17-21 Juli 2013. Ada pula kegiatan lain yang menyertainya, khusus untuk anak-anak dalam rangka mendidik dan mengembangkan rasa cinta terhadap lingkungan, dengan menyediakan pot dan bibit tanaman sehingga mereka dapat belajar menanam pohon.

Chief Marketing Honda Jakarta Center, Daya Hansten mengatakan bahwa sampai sekarang Honda sudah punya 5 Lini Produk yang dilengkapi ECON mode, yaitu CR-V, CR-Z, Civic, Odyssey, dan Accord. Di sela-sela acara tersebut, Hansten kembali menegaskan, “Ini merupakan salah satu teknologi atau fitur unggulan yang dimiliki oleh Honda dan dipandang penting sebagai bentuk komitmen Honda terhadap lingkungan hidup”.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance