Cara Kerja GPS Sebagai Penunjuk Arah Pada Mobil

gps dan cara kerjanya images

Pada beberapa promo mobil terbaru seperti All New Honda CRV sering terdapat kata GPS ready dan terintegrasi. Rasanya GPS sudah menjadi fitur andalan yang wajib dimiliki oleh seluruh kendaraan di zaman modern ini. Lalu apakah sebenarnya fitur tersebut sebenarnya, apakah fungsinya, bagaimana sistem kerjanya dan seberapa jauh ia dapat membantu kita dalam aktivitas sehari hari,.

First things first, apakah GPS itu. Seperti namanya GPS atau Global Positioning System adalah sebuah sistem untuk menentukan letak sebuah objek pada peta Bumi dengan bantuan sinyal yang dikirimkan oleh satelit di angkasa luar. Tekhnologi ini pada awalnya dikembangkan untuk kepentingan Militer oleh prakarsa dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, namun mengingat kegunaannya terutama dalam bidang navigasi serta geografi, maka dalam perjalanannya sistem ini juga dikembangkan untuk keperluan sipil.

Cara kerja GPS yang sering kita lihat pada mobil masa kini seperti New CRV pada dasarnya adala sama yaitu dengan mensikronisasi gelombang yang dikirim oleh satelit yang mengorbit bumi untuk kemudian diterima oleh receiver dan diterjemahkan menjadi informasi berupa koordinat, waktu serta kecepatan.

Untuk diketahui, sebuah alat penerima GPS harus mampu untuk menerima signal minimal dari tiga satelit agar dapat menentukan kordinasi melalui garis lintang dan garis bujur atau lebih dari empat bila ingin mendapatkan informasi yang lebih akurat dengan perhitungan garis bujur, lintang serta ketinggian atau latitude, longitude dan altitude.

Signal yang dikirim oleh satelit itulah yang akan disinkronisasi oleh sebuah alat penerima GPS dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil sinkronisasi tadi akan diolah lagi dengan memperhitungkan waktu antara sinyal dikirim hingga sampai ke receiver hingga mapu menghasilkan data seperti posisi, jarak tempuh, jalur dalam peta hingga arah matahari terbit maupun tenggelam.

Melihat sistem kerjanya yang tergolong canggih serta fungsi maupun kegunaannya tersebut, maka tak heran GPS menjadi aplikasi yang diandalkan pada sebuah kendaraan modern. Promo Honda CRV maupun produk mobil lain dengan tegas menampilkan fitur ini sebagai headline kebanggaannya.

Baca juga :

3 Komentar

  1. […] dengan PC (Personal Computer) yang anda miliki. Pada dasarnya prinsip kerja mirip dengan GPS seperti yang tertanam pada mobil CRV terbaru, namun keduanya memiliki fungsi dan kegunaan yang […]

  2. panjirayrizki says:

    “mensikronisasi gelombang
    yang dikirim oleh satelit yang berada dalam orbit
    tata surya”

    Orbit tata surya? Jauh banget. Kalo itu terjadi juga udah hilang satellite-nya. Cuman ada di lapisan luar atmosfer bumi ga sampe ke luar.

    Mensingkronisasi itu harusnya menyingkronisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

honda U finance