Honda Brio SUV Kemungkinan Pakai Platform Mobilio

honda brio suv images

Seperti dilansir beberapa portal otomotif ternama di Indonesia, Honda Motor Company Ltd dikabarkan segera mengembangkan sebuah SUV Honda murah yang menggabungkan platform Brio dan Mobilio untuk produk kendaraan adventure sporty terbarunya. Berpatokan pada konsep Vezel yang diadopsi dari basis Jazz masih terlalu tinggi untuk pasar menengah, pabrikan raksasa asal Jepang ini nampaknya akan mengambil langkah lain untuk mengembangkan Sport Utillity Vehicle murah mereka khusus untuk dipasarkan dibeberapa negara berkembang di wilayah Asia.

Tentu saja ide untuk mengembangkan konsep tersebut sangat berdasar, Honda terbukti berhasil mengadopsi platform yang awalnya dikembangkan untuk sebuah city car tersebut kedalam bentuk sedan yaitu Amaze yang kini menjadi salah satu line up yang banyak mendapat pujian dari pengamat maupun media automobile dunia. Bukan itu saja, basic dasar yang sama juga terbukti cukup sukses saat diterapkan kedalam bentuk Multi Purpose Vehicle terbaru mereka yang diberi nama Mobilio yang telah mendapat respons yang kurang lebih sama sejak melakukan world premiere pada ajang The 21th Indonesia Intrenational Motor Show bulan September 2013 kemarin.

Alasan lain adalah Vezel yang diambil dari platform hatchback legendaries Jazz itu nantinya dikhawatirkan akan terlalu tinggi atau mewah untuk sebuah produk SUV Honda murah. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Yoshiyuki Matsumoto yang menjabat sebagai Marketing Officer HMC untuk wilayah Asia dan Oceania, menurutnya konsep yang diambil dari Brio nampaknya akan lebih masuk akal untuk target pasar kalangan menengah.

Dan lagi tak bisa dipungkiri, trend market otomotif saat ini condong bergerak kea rah produk produk kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau. Sejumlah mobil murah yang membanjiri pasar terutama didalam negeri menjadi fenomena yang sangat menarik dan diperkirakan akan booming di tahun 2014 ini. Beberapa brand ternama termasuk Honda Prospect Motor telah melakukan ancang ancang untuk mengikuti arus pasar dengan mepersiapkan line up andalannya masing masing.

Salah satu yang telah dihadirkan dan mendapat respons antusias dari masyarakat tanah air adalah mobil Brio Satya yaitu versi entry level dari citycar HPM tersebut. Produk yang masuk dalam skema low cost green car ini mengusung performa paling bertenaga dibanding pesaing lain sejenis yaitu mesin iVTEC berkapasitas 1,2L dengan max power 88 ps serta torque 11.1 kgm pada 4500 rpm. Selain itu, satya yang berarti setia atau terpercaya ini juga memiliki kelebihan lain seputar design yang sporty, advanced features and technologies serta utilities yang terbaik dikelasnya.

Sementara sasaran marketnya sendiri lebih ditekankan kepada kawula muda serta masyarakat di kalangan menengah yang baru akan memiliki mobil pribadi pertama mereka atau first time buyer yang notabene merupakan pangsa pasar terbesar untuk segmen kendaraan kompak urban. Saat ini kapasitas produksi untuk citycar tersebut mencapai 1.200 unit setiap bulannya dengan kemungkinan akan ditambah sesuai dengan tingkat permintaan dari konsumen.

Indonesia Menjadi Target Produsen otomotif

Hingga saat ini penjualan dari Satya ini telah melampaui target yang dicanangkan oleh sang produsennya. Sampai penghujung Desember yang lalu atau kurang dari 4 bulan setelah pembukaan keran indentnya, compact hatchback ini terjual sebanyak 4.998 unit diseluruh dealer resmi Honda yang ada di Indonesia. Manufactur berlambang H itu sendiri memperkirakan grafik tersebut akan terus meningkat dan diharapkan dapat mencapai 30 persen dari total penjualan Brio secara keseluruhan dalam 2014 ini.

Kondisi perekonomian negara kita yang cenderung lebih baik disbanding negara lain ditengah gejolak moneter global yang sedang melanda akhir akhir ini menjadi salah satu dasar optimisme dari HPM. Selain itu tingkat konsumsi masarakat Indonesia yang cukup tinggi dengan jumlah penduduk kelima terbesar didunia membuat para produsen otomotif selalu menempatkan negeri kita tercinta ini sebagai incaran untuk memasarkan produk andalannya.

Faktor diatas tak bisa tidak akan menambah ketatnya tingkat persaingan dalam bursa automotive nasional dan membuat seluruh brand serta APM harus memutar otak dalam menerapkan strategi pemasaran yang paling tepat dan efektif. Salah satunya adalah dengan meluncurkan variant terbaru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta trend yang sedang berlangsung, untuk itulah Mobilio jadi paket hemat ala Honda yang dihadirkan untuk memenuhi keinginan konsumen akan kendaraan keluarga serbaguna kelas menengah dengan harga yang terjangkau namun dengan kualitas spesifikasi yang diatas rata-rata. Baca juga :

  • krinda

    Kpn diluncurkan suv honda murah tsb?

  • Bento

    Dijual brp? Honda suv brio

honda U finance