Automatic Valet Parking System Mulai Dikembangkan Honda

automatic valet parking system

Aplikasi teknologi yang semakin canggih di bidang otomotif, dimanfaatkan secara maksimal oleh produsen mobil untuk meningkatkan performa dan kualitas berkendara. Salah satu produsen yang sangat serius menggarapnya adalah Honda. Fitur-fitur yang ada di setiap kendaraan besutannya selalu dihasilkan melalui riset dan pengembangan teknologi yang sangat intensif.

Kini Honda sedang meneliti dan mengembangkan sebuah sistem yang mendukung performa mobil agar bisa parkir sendiri, secara otomatis . Rencana tersebut sudah mulai mengarah pada realisasi dan diperkirakan dapat terwujud dalam waktu dekat. Produsen lain seperti Volvo, Audi dan Ford pun sama, sedang mengembangkan mobil yang bisa parkir sendiri yang disebut Automatic Valet Parking System. Trend teknologi parkir otomatis memang lebih dulu dicetuskan pabrikan otomotif di belahan bumi Eropa.

Di Jepang sendiri, Honda bukanlah satu-satunya produsen yang mengembangkan teknologi sensasional ini. Lexus disinyalir sudah memulainya dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Hasil penelitian dan pengembangan teknologi itu nantinya akan dinamakan automatic valet parking system atau AVPS oleh Honda. Jika dikilas balik ke 2 dekade sebelumnya, tidak terbayangkan akan ada teknologi canggih yang memungkinkan mobil punya kemampuan parkir sendiri.

Jika dilihat dari batas kecanggihan dan sejauh mana memberikan kemudahan pada manusia atau pengendaranya, Honda jelas jauh mengungguli para pesaingnya. Namun untuk saat ini, teknologi yang diuji dengan memakai Honda Jazz listrik masih membutuhkan teknologi komplementernya. Jazz bertenaga listrik memang memiliki sensor dan kamera untuk bisa mengaktifkan AVPSnya. Akan tetapi perlu teknologi pendukung atau pelengkap yang harus tersedia di lahan parkir.

Sistem parkir otomatis pada Honda sangat berbeda dengan yang dikembangkan produsen lain. Teknologi yang dikembangkan pada mobil lain memang tidak secanggih Honda, tetapi bisa dipakai tanpa teknologi komplementer pada lahan parkir. Sementara AVPS membutuhkan teknologi pelengkap yang disediakan di lahan parkir dan terkoneksi pada sistem di mobil. Mobil Honda yang memiliki kamera belakang, harus menerima data yang dikirim oleh kamera-kamera sensor yang tersedia di lahan parkir. Berdasarkan data itulah, mobil Honda bergerak sendiri untuk menempati posisi parkir yang dituju.

Dengan sistem pada mobil dan lahan parkir yang terintegrasi dengan baik, maka unit kendaraan bisa terparkir sempurna tanpa sopir. Tidak cukup itu saja, pengendara bisa memanggil mobilnya lewat layar sentuh yang tersedia di lahan parkir. Dengan informasi yang diterimanya, mobil akan segera menghampiri pengendara. Meski banyak pihak yang masih meragukan efektivitas dan efisiensinya, AVPS berhasil melalui uji cobanya dengan baik. Varian Jazz yang menggunakan teknologi tersebut dapat diparkir di lahan parkir berteknologi komplementer AVPS, tanpa pengemudi.

Baca juga :
honda U finance