All New Honda City 2014 Diperkenalkan Di India

All New Honda City 2014 images

Konsumen setia Honda dinegeri Taj Mahl pantas bergembira. Pasalnya, All New Honda City 2014 sudah diluncurkan secara resmi pada Hari Senin, 25 Nopember lalu. Edisi 2014 merupakan generasi keenam, terhitung sejak Tahun 1981 saat pertama kali diluncurkan secara global. Di negara asal pabrikannya, mobil ini disebut kei car atau mobil kecil. Model hatchback merupakan desain awal city car saat konsepnya diperkenalkan ke publik. Namun seiring perjalanan waktu dan kebutuhan berkendara yang dipengaruhi selera konsumen, City bermetamorfosis menjadi sebuah sedan kecil.

Perubahan dari model hatchback ke sedan kecil dimulai dari generasi ketiga. Saat itu kita mengenal Honda City Type-Z pada akhir Tahun 1990-an. Sementara itu, Honda City yang beredar di tanah air sekarang adalah generasi kelima. Namun jika dihitung berdasarkan perubahan model ke desain sedan maka jadi generasi ketiga. Dan yang diluncurkan di India merupakan generasi keempat. Peluncuran All New City di India bisa menjadi indikator kuat bahwa di Tahun 2014, tepatnya semester kedua Honda Prospect Motor bakal menghadirkannya untuk konsumen Indonesia.

Penampilan City terbaru sangat berbeda dengan versi sebelumnya. Di Jepang, mobil sedan kompak tersebut memakai nama Honda Fit Aria. Pemakaian platform Honda Jazz atau Honda Fit menjadi alasannya. Oleh karenanya, tampilan City 2014 cenderung mirip Jazz 2014 yang sudah lebih dulu diluncurkan. Notabene, kedua lini produk tadi memakai platform yang sama. Akan tetapi jika dicermati City memiliki moncong depan yang lebih landai. Desain Jazz sangat jelas terlihat untuk grill dan lekukan di body samping. Garis lekuk mulai dari pintu depan dan berujung di lampu belakang.

Eksterior depan dan belakang mengalami penyegaran yang sangat menarik. Bentuk bumper lebih sporty plus fog lamp yang didesain agresif dengan lampu belakang mirip sedan kelas premium. Dimensi City menjadi lebih besar agar sesuai platform Jazz yang juga mengalami penambahan ukuran. City versi terbaru lebih panjang sekitar 25 mm dari dimensi versi lama. Jarak sumbu roda pun bertambah 50 mm, jadi 2,6 m. Ukuran lebar dipertahankan dengan penambahan tinggi atap 10 mm. Dampaknya, kabin dan interior jadi lebih lega.

Aspek performa All New City masih mengandalkan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc dengan teknologi SOHC 4 silinder i-VTEC yang sangat irit dan powerful. Untuk pasar India, Honda memberi tambahan pilihan mesin berteknologi diesel 1,5 L DOHC 4 Silinder i-DTEC. Sementara untuk safety system, City yang diluncurkan di India sudah dilengkapi Dual SRS Airbags dan ABS โ€“ EBD yang melengkapi sistem pengereman. Fitur cruise control juga disematkan produsen untuk memudahkan pengaturan batas kecepatan saat berkendara.

Sebagai sebuah city car yang telah memiliki pangsa pasar sendiri, Honda semakin serius menggarapnya. All New City kini memanjakan konsumennya dengan berbagai entertainment โ€“ comfortable system. Beberapa di antaranya mencakup Head Unit dengan LCD 5 inch didukung koneksi aux-input compatible with iPod, USB port, bluetooth, dan built-in handsfree. Meter Cluster didesain semakin modern dan canggih dengan blue illumination color serta Multi Information LCD Display. Udara sejuk mengalir melalui ventilasi AC depan โ€“ belakang.

Selain itu tersedia 8 speaker, 4 electric outlet, untuk mengisi battery berbaagai gadget pengendara. Automatic AC controlling, smart key entry system, dan sun roof merupakan fitur-fitur pendukung yang sepadan untuk sensasi berkendara yang ditawarkan City.

Honda merilis bahwa generasi City yang keenam adalah hasil pengembangan yang didasarkan dari riset terhadap kebutuhan plus selera konsumen di India, Thailand, Indonesia, dan beberapa negara ASEAN lain. Faktor desain, performa, harga, dan emisi dipertimbangkan untuk pengembangan di atas. Pada akhirnya India ditetapkan sebagai negara untuk basis produksi global Honda City generasi keenam. Direncanakan Honda India akan memasok All New City 2014 ke 60 Negara.

All_new_Honda_City_2014

all_new_honda_city_2014_1

all_new_honda_city_2014_2

Honda_City_4th_generation

Baca juga :
  • Aan

    Kapan keluar Honda City 2014 di Jakarta Indonesia? Harga kisaran berapa? Apakah bisa pesan jauh-jauh hari?

honda U finance